Kuliah Umum Series Prodi D3, S1 dan PPAK – Jurusan Akuntansi

Kuliah Umum Series 1 dan Series 2 Prodi D3, S1 dan PPAK – Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya dilaksanakan pada hari Selasa 27 Desember 2022, dengan topik “Teori Akuntansi dan Metodologi Penelitian” dan “Akuntansi Keuangan : Integreted Reporting dan Segmental Reporting” secara daring melalui aplikasi Zoom.

Drs. Isnurhadi, M.B.A., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya mewakili Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya memberikan kata sambutan dan membuka acara webinar nasional. Dalam pembukaannya, mengatakan bahwa teori akuntansi yang sekarang berkembang pesat, berdampak juga ke dunia akuntansi dimasa depan. Teori akuntansi dan metodologi penelitian yang harus dipahami secara baik karena sangat berguna dalam dunia kerja.

Beberapa pakar dihadirkan sebagai pembicara dalam Kuliah Umum Series ini, yaitu Prof. Dr. Lindrianasari, S.E., M.Si., Ak., CA. (Profesor di Jurusan Akuntansi Universitas Lampung), Assoc. Prof. Kamarul Baraini, B.Ac., M.Ac., CfiA., PhD. (Centre for GLOBDE, Faculty Economics and Management University Kebangsaan Malaysia), dan Assoc. Prof. Dr. Agrianti Komalasari, S.E. (Doseb FEB Universitas Lampung). Para pembicara menyajikan beberapa materi untuk memberikan pemahaman yang komprehensif terkait dengan beberapa topik yang menjadi bahan diskusi dalam Kuliah Umum Series ini.

Pemaparan dimulai oleh Prof. Dr. Lindrianasari , S.E., M.Si., Ak., CA. selaku Dosen sekaligus peneliti dari Fakultas Ekonomi Universitas Lampung memberikan pemaparannya mengenai Teori Akuntansi dan Metodologi Akuntansi. Dalam pemaparannya beliau menyajikan materi terkait dengan teori akuntansi dan metodologi penelitian yang saling berhubungan. Paparan di moderatori oleh Dr. Hasni Yusrianti, S.E., M.Acc., Ak., CA. Pada kuliah umum ini, pemateri, peserta, mahasiswa, dan dosen berdiskusi bersama melalui sesi tanya jawab yang dibuka pertopik materi kuliah umum.


Pada sesi selanjutnya, Kuliah Umum Series 2 dilaksanakan dengan topik pembahasan terkait dengan Akuntansi Keuangan : Integrated Reporting dan Segmental Reporting yang disampaikan oleh Assoc. Prof. Kamarul Baraini, B.Ac., M.Ac., CfiA., PhD. dan di moderatori oleh Agil Novriansa., M.Sc., Ak., CA., ACPA., CRP. Dalam pemaparannya belliau menjelaskan terkait dengan prinsip panduan serta elemen yang perlu diperhatikan dalam pelaporan terintegrasi. Berdasarkan hasil observasi yang beliau lakukan, sebagian besar perusahaan belum sepenuhnya membuat integrated reporting tetapi telah menerapkan beberapa elemen dari integrated reporting yang dicantumkan dalam financial atau annual report, dan sustainability report. Terkait dengan segmental reporting, pihak yang perlu mempersiapkan laporan ini adalah perusahaan publik dimana informasi segmen yang perlu disajikan hanya berdasarkan laporan keuangan konsolidasi.

Melengkapi pembahasan dalam Kuliah Umum Series ini, Assoc. Prof. Dr. Agrianti Komalasari, S.E, M.Si., Ak., CA. memaparkan topik terkait Isu Terkini Penelitian Akuntansi Keuangan pada Kuliah Umum Series 3 yang dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Desember 2022. Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. Mukhtaruddin, S.E., M.Si., Ak., CA.. Beliau menjelaskan bahwasannya penelitian akuntansi dapat menjadi lebih menarik apabila dikemas dengan baik. Banyak isu terkini yang dapat dijadikan bahan dalam penelitian akuntansi keuangan, tetapi tidak menutup kemungkinan terhadap isu lainnya yang telah sering dibahas untuk kembali diteliti dengan sentuhan yang berbeda dari penelitian sebelumnya.

Pada hari Kamis, 29 Desember 2022 telah dilaksanakan Kuliah Umum Series 4 dengan topik Fraud Audit sebagai penutup kegiatan Kuliah Umum Series yang dilaksanakan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Assoc. Prof. Dr. Agrianti Komalasari, S.E., M.Si., Ak., CA. menyampaikan bahwasannya tidak ada organisasi yang bebas dari fraud. Bahkan, sebagian besar penipuan di antara perusahaan publik dilakukan oleh perusahaan kecil, dewan direksi, dan pejabat eksekutif yang diidentifikaasi terkait dengan penipuan laporan keuangan. Rata-rata periode penipuan yang dilakukan akan diperpanjang selama 23,7 bulan. Maka dari itu, fraud perlu dideteksi dengan berbagai macam cara. Salah satu pendekatan dalam investigasi fraud dalam mencari barang bukti adalah dengan menggunakan fraud triangle. Investigator juga perlu menerapkan pendekatan crime scene investigation (CSI) guna mencari peluang dalam menjaga dan memulihkan petunjuk fisik. Investigator atau fraud examinder perlu secara kontinyu mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan dan keterampilan CSI melalui pendidikan dan pelatihan.

Dokumentasi Acara :

Kuliah Umum Series 1 dengan topik Teori Akuntansi dan Metodologi Penelitian oleh Prof. Dr. Lindrianasari , S.E., M.Si., Akt., CA.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/7PJkaf94MbHP757bA” mode=”carousel”]

Dari atas kiri sampai kanan bawah: 1.Syarifah Ainiah, 2. D Drs. Isnurhadi, M.B.A., Ph.D., 3. Prof. Dr. Lindrianasari , S.E., M.Si., Akt., CA., 4. Abdullah Sagaf, S.E., M.Si., Ak., 5. Arista Hakiki, S.E., M.Acc., Ak.

Kuliah Umum Series 2 dengan topik Akuntansi Keuangan : Integrated Reporting dan Segmental Reporting oleh Assoc., Prof. Kamarul Barani B.Ac., M.Ac., CfiA,. PhD.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/B1UdCHNhCdK94MGy9″ mode=”carousel”]

Dari kiri sampai kanan: 1. Agil Novriansa., S.E., M.Sc.,Ak., CA., ACPA., CRP., 2. Assoc., Prof. Kamarul Barani B.Ac., M.Ac., CfiA,. PhD.

Kuliah Umum Series 3 dengan topik Isu Terkini Penelitian Akuntansi Keuangan oleh Assoc. Prof. Dr. Agrianti Komalasari, S.E., M.Si., Ak., CA.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/PHHCtAqRRR6U6tNA6″ mode=”carousel”]

Dari atas kiri sampai kanan bawah: 1. Assoc. Prof. Dr. Agrianti Komalasari, S.E., M.Si., Ak., CA., 2. Dr. Mukhtaruddin, S.E., M.Si., Ak., CA., 3. Dr. E. Yusnaini, S.E., M.Si., Ak., 4. Arista Hakiki, S.E., M.Acc., Ak.

Kuliah Umum Series 4 dengan topik Fraud Audit oleh Assoc. Prof. Dr. Agrianti Komalasari, S.E., M.Si., Ak., CA.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/SruG72JFnCiE9XvL7″ mode=”carousel”]

Dari kiri atas sampai kanan bawah: 1. Daffa Hanifah Hanaka Putri, 2. Assoc. Prof. Dr. Agrianti Komalasari, S.E., M.Si., Ak., CA., 3. Agil Novriansa., S.E., M.Sc.,Ak., CA., ACPA., CRP., 4. Arista Hakiki, S.E., M.Acc., Ak., 5. Abdullah Sagaf, S.E., M.Si., Ak., 6. Dr. E. Yusnaini, S.E., M.Si., Ak.