Pelaksanaan Yudisium dan Pelepasan Alumni ke 166 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

Kamis tanggal 25 Mei 2023 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya menyelenggarakan Yudisium ke 166 di Gedung Aula Fakultas Ekonomi Unsri kampus Indralaya dengan Tema Mewujudkan Alumni yang transformatif, kompetitif, unggul bagi nusa dan bangsadi era teknologi digital.

Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.E., CFP®., QWP., CWM®  meyudisium dan melepas sebanyak 162 orang. Yudisium  periode ini  Fakultas Ekonomi diantaran nya menyudisium 82 orang yang mendapat gelar Dengan Pujian. Selain itu juga para alumni yang di yudisium pada periode ini dengan rincian sebanyak 60 orang yang terdiri dari Program Studi S1 Kampus Indralaya yaitu 27 orang Program Studi Manajemen, 12 orang Program Studi Ekonomi Pembangunan, dan 21 orang Program Studi Akuntansi.  Alumni dari Kampus Palembang sebanyak 96 orang yaitu Program Studi S1 Manajemen asal SMU 24 orang, Program Studi S1 Akuntansi asal SMU 16 orang, Program Studi  S1 Ekonomi Pembangunan 11 orang, Program Studi S1 Akuntansi asal Diploma 8 orang, Program studi Diploma III Kesekretariatan 6 orang,  Program Studi Diploma III Akuntansi 31 orang, Program Pascasarjana S2 dan S3 Kampus Palembang sebanyak 6 orang yang terdiri dari 2 orang Program Pascasarjana Magister Manajemen, 3 orang Program Pascasarjana S2 Ilmu Ekonomi dan 1 Orang Program Doktor S3 Ilmu Ekonomi.

Dekan Fakultas Ekonomi Unsri Prof. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.E., CFP®., QWP., CWM® dalam sambutannya mengatakan bahwa yudisium dan pelepasan alumni merupakan peristiwa penting yang menunjukkan berakhirnya tugas layanan dan Pendidikan secara formal kepada mahasiswa dalam menempatkan potensi mahasiswa menjadi insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Yudisium dan Pelepasan Alumni juga merupakan rangkaian dan proses pelepasan mahasiswa yang dianggap telah memenuhi syarat kelulusan pada suatu program studi yang telah ditetapkan di pedoman akademik dan peraturan – peraturan lainnya. Kegiatan yudisium dan pelepasan alumni ini juga dapat menjadi indikator jenjang profesi strata 0, diploma, strata  1 sarjana, strata 2 magister dan strata 3 doktor yang berhak menyandag gelar. Dalam mendukung proses layanan dan pendidikan akademik itu kami secara terus menerus menggunakan anggaran yang diberikan dari pemerintah secara efisien, fleksibel, dinamis, dan berkelanjutan dengan Menyusun rencana staregi, professional, program kerja dan indikator langkah demi langkah yang akan membawa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya mencapai visi misi tujuan sasarannya yang berbasis luaran dokumen akreditasi lamemba indikator kinerja kegiatan dan indikator kegiatan utama .  Kesediaan dan Jenis Prasarana pun yang memungkinkan terciptanya administrasi akademik antar civitas akademika dan tenaga kependidikan akan terus ditingkatkan. Selain itu juga untuk meningkatkan akademis pembelajaran dan mendukung implementasi merdeka belajar kurikulum yang lebih mudah dipahami dan fleksibel sangat diperlukan. Disertai dengan peningkatan kualitas dosen, “ujarnya.

Pelaksanaan yudisium periode ke 166 ini di hadiri oleh ketua dan wakil ketua serta seluruh anggota senat Fakultas Ekonomi, kepala Labkom, Koordinator Program studi, para guru besar, dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Ekonomi dan hadir juga tamu dari Universitas Sriwijaya yaitu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Iwan Stia Budi, S.KM. M. Kes dalam pidatonya beliau berpesan bahwa Banyak potensi sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang harus disyukuri dan disikapi bersama. Di era digital ini merupakan tantangan tersendiri bagi para lulusan khususnya bagi alumni yang yudisium saat ini oleh karena itu kita harus mempunyai strategi bagaimana menyikapi kondisi ini. Saya yakin salah satu strategi yang jitu adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang menjadi komponen penting untuk pembangunan bangsa untuk itu Kementerian Pendidikan Ristekdikti sudah menyiapkan beberapa program untuk menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten yaitu dengan melakukan program  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini memberikan dampak kepada Universitas sehingga lulusan Universitas Sriwijaya mempunyai daya saing kedepannya,” terangnya. (Si)

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/kjQndLVCSFtpoNzp9″ mode=”carousel”]