Visi

Visi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya selain diturunkan dari visi Universitas Sriwijaya juga tetap mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan Fakultas Ekonomi UNSRI di tengah persaingan global. Dengan mempertimbangkan isu pendidikan nasional yaitu relevansi, kualitas, efisiensi dan pemerataan, dan tuntutan era globalisasi di abad ke-21, maka dirumuskanlah Visi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya yaitu menjadi Fakultas Ekonomi yang terkemuka di kawasan ASEAN pada dasawarsa kedua abad ke-21.

Misi

Misi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya adalah menghasilkan lulusan yang berjiwa Pancasila, berkualitas, dan mampu bersaing dengan :

  1. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran di Fakultas Ekonomi dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi
  2. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan penelitian di Fakultas Ekonomi dalam rangka menghasilkan pengetahuan empiric, teori, konsep, metodologi, model atau informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat
  4. Menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan kampus dan membangun kerjasama dengan perguruan tinggi di kawasan Asean pada khususnya dan Dunia pada umumnya. 

Tujuan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya :

1. Menghasilkan lulusan yang :

  • Jujur, disiplin, dan menghargai pendapat orang lain serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi;
  • Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya;
    Menguasai konsep dan nilai-nilai ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan yang memiliki wawasan luas dalam lingkungan global;
  • Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan serta teknologi secara profesional dalam bidang keahliannya melalui kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat;
  •  Bersifat terbuka dan tanggap terhadap kemajuan ilmu dan teknologi untuk memecahkan permasalahan lokal, regional, dan global.

2. Menyelenggarakan administrasi fakultas yang modern, efektif, dan efisien.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran dan strategi pencapaian visi, misi dan tujuan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya antara lain dilakukan dengan cara;

  1. Mengembangkan kurikulum program studi di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi, mampu bersaing di pasar kerja, kualitas keilmuan yang tinggi dan memiliki karakter akademik seperti disiplin, kerja keras, jujur, demokrasi, tanggung jawab dan santun;
  2. Menyiapkan tenaga pengajar yang profesional dan berkompeten dalam bidangnya untuk mengikuti perkembangan dalam ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi serta mampu menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha;
  3. Mengembangkan sarana dan prasarana yang modern yang sesuai untuk pendidikan tinggi dalam bidang ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi secara efektif dan efisien.

Sasaran Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya tersebut disusun dengan sangat jelas diuraikan dalam rangka pencapaian visi dan misi, serta mengungkap profil kompetensi lulusan yang diharapkan sebagaimana Rencana Strategis (Renstra) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Lampiran 1). Penjabaran visi, misi, dan tujuan Fakultas Ekonomi Unsri konsisten dengan perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Hal ini tercermin dari misi pertama dan kedua, yaitu menyelenggarakan, membina dan mengembangkan program studi-program studi di Fakultas Ekonomi dan pengembangan penelitian ekonomi dalam rangka memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi.


Oleh karena itu, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya memiliki strategi untuk mencapai visi, misi, dan tujuan dengan terus-menerus (i) melakukan pengembangan kurikulum, (ii) menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi untuk meningkatkan kemampuan bersaing, (iii) meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Semua itu dilakukan agar mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Peninjauan kurikulum terus dilakukan secara periodik di tingkat dosen program studi dan hasilnya dilokakaryakan di tingkat fakultas. Lokakarya kurikulum telah dilaksanakan pada bulan 13 Juli 2016.


Salah satu cara yang dilakukan untuk tetap eksis dan mampu bersaing adalah dengan; (i) menyelenggarakan kelas berbahasa Inggris, (ii) meningkatkan penyediaan fasilitas penunjang akademik, terutama untuk kegiatan peningkatan kualitas proses belajar dan mengajar (PBM); (iii) peningkatan kemampuan dosen dan mahasiswa menggunakan teknologi pembelajaran, menyelenggarakan test bahasa Inggris untuk mahasiswa baru, meningkatkan soft skill mahasiswa melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, seperti mengikuti lomba karya tulis ilmiah, seminar mahasiswa, kuliah lapangan, dan studi banding.
Peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan melalui proses pembelajaran akan terus dilakukan sebagaimana tertuang dalam Renstra Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya serta menjadi masukan untuk penyusunan Renstra dalam rentang waktu dua dasawarsa ke depan.


Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, kualitas dosen juga ditingkatkan dengan mendorong staf pengajar untuk studi lanjut ke jenjang master (S2) dan doktor (S3). Saat ini dari 112 dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya diantaranya master (S2) sebanyak persen 78,6% (88 orang) dan berpendidikan doktor (S3) sebanyak 21,43%(24 orang). Lima tahun ke depan, ditargetkan kualifikasi dosen yang berpendidikan doktor mencapai 40,2%. Selain itu, kualitas penelitian juga terus ditingkatkan baik yang menggunakan sumber dana Universitas Sriwijaya, Dikti Kemendikbud (sekarang Kemeristekdikti) serta dana dari kerjasama lembaga yang dijalin oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Ekonomi dan Masyarakat (P3EM) dan Laboratorium Bisnis Magister Manajemen Universitas Sriwijaya. Hasil penellitian mandiri dosen maupun hasil kerjasama lembaga diseminarkan di tingkat lokal, nasional dan atau internasional. Keterlibatan dosen dalam seminar terus meningkat, baik dalam seminar yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), International Regional Science Association (IRSA), Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), FORDEBI (Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam), Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO), Ikatan Pemerhati dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI), dan Forum Riset Perbankan Syariah Bank Indonesia, serta menjalin kerjasama seminar internasional dengan universitas di luar negeri, misalnya seminar antara Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya dengan Universitas di Malaysia dalam tajuk seminar Malaysia-Indonesia International Conference on Economics, Management and Accounting (MIICEMA) yang telah dilaksanakan pada tanggal 18-20 Oktober 2012 di Palembang maupun kegiatan Sriwijaya Economics and Business Conference pada tahun 2015 dan 2nd Sriwijaya Economics, Accounting and Business Conference di tahun 2016 . Sasaran yang ingin dicapai adalah mempromosikan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya di kawasan ASEAN serta meningkatnya mutu pengajar khususnya dalam menghasilkan karya ilmiah dan kerjasama akademik guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada umumnya.


Efektifitas pembelajaran juga ditunjang dengan sarana dan prasaran modern meliputi ruang kuliah full-AC, LCD Projector, laboratorium komputer, pengembangan serta teknologi informasi melalui website seperti layanan akademik khususnya layanan Kartu rencana Studi (KRS) dan pencetakan Kartu Hasil Studi (KHS) sudah dilaksanakan secara online melalui http://www.akademik.unsri.ac.id, mulai tahun 2011 fasilitas pembelajaran e-learning dapat diakses dosen dan mahasiswa melalui website http://e-learning.unsri.ac.id.


Hasil yang telah dicapai pada pelaksanaan Renstra Fakultas Ekonomi UNSRI 5 tahun juga dipacu dengan dukungan dana hibah kompetisi yang diperoleh Universitas Sriwijaya seperti Program Hibah Kompetisi Berbasis Kompetisi (PHKI-Tema B) yang ikut dimenangkan oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan, dan hibah kompetisi IMHERE (Indonesian Managing Higher Educatoon for Relevancy and Efficiency) yang diperoleh Universitas Sriwijaya berdampak positif bagi perbaikan dan peningkatan efisiensi dan produktivitas melalui peningkatan kualitas proses belajar mengajar, peningkatan efisiensi internal (kapasitas manajemen internal) serta peningkatan relevansi pembelajaran. Program peningkatan kulitas pembelajaran di Fakultas Ekonomi sejalan dengan peningkatan kemampuan mahasiswa melalui pelatihan dan lokakarya pembelajaran e-learning, pelatihan/lokakarya pembelajaran berbahasa Inggris, lokakarya kewirusahaan, dan beasiswa Full Fledge Scholarship yang diperoleh mahasiswa Fakultas Ekonomi. Demikian juga dengan Program Beasiwa Bidikmisi juga berdampak bagi peningkatan kulitas pembelajaran mahasiswa yang bermuara pada peningkatan mutu lulusan Fakultas ekonomi Universitas Sriwijaya.


Dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Fakultas Ekonomi UNSRI didukung oleh lembaga seperti P3EM, Lembaga Penelitian Universitas Sriwijaya (LP Unsri) dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sriwijaya (LPM Unsri), juga beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) seperti Perpustakaan, Laboratorium Komputer, ICT Unsri, Pengembangan Pendidikan Unsri (Pusbangdik) serta Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPM-FE) dan UPM Universitasa Sriwijaya.