Tata Pamong

Gambar 1. Struktur Organisasi Fakultas Ekonomi UNSRI

 

Struktur organisasi Fakultas Ekonomi Unsri berpedoman kepada PP. No. 60 tahun 1999 dan Statuta Universitas Sriwijaya (Unsri) tahun 2003.

Struktur organisasi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, terdiri atas :
1. Unsur Pimpinan Fakultas;
2. Unsur Normatif Fakultas atau Senat Fakutas;
3. Unsur Pelaksanaan Akademik;
4. Unsur Pelaksanaan Administrasi;
5. Unsur Penunjang Akademik;

Unsur Pimpinan Fakultas
Unsur Pimpinan Fakultas terdiri dari :
a. Dekan;
b. Pembantu Dekan I (Bidang Akademik);
c. Pembantu Dekan II (Bidang Administrasi, Keuangan dan Kepegawaian);
d. Pembantu Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Alumni).

Unsur Normatif Fakultas (Senat Fakultas)
Unsur ini terdiri dari :
a. Dekan, Sebagai Ketua Senat;
b. Sekretaris Senat (Dipilih dari anggota Senat);
c. Anggota Senat (Terdiri dari pimpinan fakultas, guru besar, ketua jurusan dan tiga orang wakil dosen dari masing-masing jurusan).

Kepemimpinan

Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistis, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi. Dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dikenal kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik. Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional program studi. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi perguruan tinggi.

Dekan FE Unsri sebagai pemimpin di lini organisasi memiliki pengaruh dalam kepemimpinan publik seperti sebagai Ketua ISEI Cabang Palembang, Ketua Forum Dekan FE PTN Wilayah Barat, Tim Ahli Pemerintah Kota Palembang, Pengurus ICMI Orwil Sumsel serta Asesor Program Hibah Kompetisi Institusi (PHK-I) Dikti.

Sistem Pengelolaan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

Sistem pengelolaan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (FE-UNSRI) secara fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling, serta operasi internal dan eksternal.Sistem pengelolaan Fakultas Ekonomi UNSRI sesuai dengan Renstra FE-UNSRI 2013-2018 dan Rencana Bisnis FE-UNSRI

Sistem Penjaminan Mutu Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

Berikut disajikan sistem penjaminan mutu dalam Fakultas Ekonomi UNSRI meliputi kebijakan akademik, etika akademik, standar mutu, dan standar operasi prosedur (SOP) yang digunakan untuk penjaminan mutu akademik.

Standar Operasional Prosedur (SOP) Fakultas Ekonomi