Program Magister Ilmu Manajemen

 



.


Sejarah Program Studi Ilmu Manajemen


Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang didirikan berdasarkan SK pendirian NO 227/D/O/2010 tanggal pendirian 22 Desember 2010 dan mulai penyelengaraan Program Studi bulan Desember 2010. Pada Tanggal 15 Agustus 2011 Rektor Universitas Sriwijaya secara resmi membuka sekaligus menetapkan pejabat struktural dilingkungan Fakultas Ekonomi melalui Keputusan Rektor No 158/UN9/KP/2011.

Visi


Visi Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya adalah sebagai wadah untuk menghasilkan tenaga professional di bidang manajemen dan bisnis, yang memiliki basis keilmuan yang kuat, jiwa kewirausahaan dan kemampuan memanfaatkan kemajuan iptek dengan dilandasi oleh nilai-nilai etika dan moral yang tinggi sesuai dengan tuntutan era globalisasi dan menjadi insanI berkualitas, ilmiah dan imani berdaya saing global 2015.

Misi


1. Menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualifikasi Magister dan Doktor yang berkualitas ilmiah dan imani berdaya saing global.
2. Membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
3. Menghasilkan penelitian dengan kualitas nasional dan internasional
4. Menciptakan kerjasama internasional dalam bidang riset.
5. Menciptakan kerjasama internasional untuk mewujudkan magister berkualitas global
6. Mewujudkan Universitas Sriwijaya sebagai Universitas Riset pada tahun 2020

Kompetensi Prodi


Tujuan Umum


1. Memperkuat latar belakang pengetahuan dasar pendidikan sarjana menuju kemandirian dalam melakukan penelitian dan pengkajian suatu masalah, serta mampu bekerjasama secara multidispliner guna menghasilkan suatu solusi yang tepat dan terpadu.
2. Menyiapkan SDM untuk siap mengikuti Program Pendidikan Doktor (S3), apabila persyaratan lain yang diperlukan dipenuhi.
Pengetahuan dan Pemahaman
1. Memiliki dedikasi, integritas dan kepribadian yang tinggi
2. Program Studi Magister Ilmu Manajemen mencakup tiga konsentrasi yaitu Konsentrasi Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan ilmu-ilmu yang berhubungan.
Keterampilan Intelektual
1. Tanggap dan siap meraih peluang dan menjawab tantangan perkembangan pembangunan ataupun permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang keahlinya.
2. Mampu untuk memberikan pelayanan dan pengembangan profesi melalui pengemabangan ilmu dan riset.
3. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajarinya sebagai suatu profesi guna menunjang laju pengingkatan kesejahteraan manusia
4. Dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama studi ke bidang pekerjaan.
5. Memilki kemampuan yang baik dalam mengkomunikasikasikan pemikiran serta hasil karyanya.
6. Mampu mengidentifikasikan masalah manajemen untuk kemudian merumuskannya menjadi kajian khusus dan kajian utama dalam penelitian tesis yang berbasis Ekonomi/Akuntansi/Manajemen
7. Mampu berinteraksi dan berkoordinasi dengan disiplin ilmu lainnya
8. Mampu meningkatkan pengetahuan dalam profesinya melalui penelitian dan pengembangan
9. Mampu berpartisispasi dalam pengembangan IPTEK melalui identifikasi permasalahan yang berkelanjutan dalam bidang ilmu manajemen
10. Mampu mengembangkan profesionalisme di bidang Ilmu Manajemen dalam spektrum yang lebih luas
11. Mampu memberikan alternatif pemikiran solusi terhadap setiap kajian pembangunan dan implemnbtasi kebijakan dalam bidang Ilmu Manajemen untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat.
Kompetensi Lulusan Konsentrasi Prgram Studi Magister Ilmu Manajemen memiliki 3 konsentrasi sebagai berikut :
1. Konsentrasi Manajemen SDM
- Menguasai pengetahuan, ketrampilan dan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan masyarakat dan ditempat kerja
- Memahami ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perencanaan pembangunan dengan memperhatikan arti penting kualitas Sumber Daya Manusia sebagai pengelola
2. Konsentrasi Manajemen Keuangan
- Menguasai ilmu dan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat dan juga dalam dunia kerja khususnya dalam perencanaan mengelola keuangan
3. Konsentrasi Manajemen Pemasaran
- Dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat khususnya dalam menciptakan peluang kerja atau enterprenuer

Capaian Pembelajaran


Untuk mencapai gelar Magister Ilmu Manajemen (M.Si) mahasiswa/i harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. Menyelesaikan Beban Studi dengan jumlah SKS 43 SKS
2. Indeks prestasi kumulatif >=2,75
3. Tidak ada nilai D
4. Maksimum nilai C tidak melebihi 2 mata kuliah dari jumlah ditetapkan oleh Program Studi
5. Telah menyelesaikan mata kuliah prasyarat bidang konsentrasi
6. Telah menyelesaikan mata kuliah bidang konsetrasi
7. Telah menyelesaikan Tesis