Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya terdiri dari 3 Program Studi S2 dan 2 Program S3

Program Studi S2 terdiri dari :

S2 Ilmu Ekonomi (dengan Bidang kajian Ilmu Ekonomi dan Akuntansi ),

S2 Ilmu Manajemen dan Program Studi Magister Manajemen

Program S3 Ilmu Ekonomi dan Program S3 Ilmu Manajemen

 

Selayang Pandang Sejarah Berdirinya Program Doktor S3 Di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

 

 

Program Doktor Ilmu Ekonomi

 

Prof.Syamsurijal.AK.,P.h.D

Ketua Prodi S3 Ilmu Ekonomi

Sejarah Berdirinya Program Doktor Ilmu Ekonomi

Berdasarkan SK Mendiknas No. : 105/D/O/2010 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Ekonomi (S3) pada Universitas Sriwijaya di Palembang, dan SK Rektor No. : 200/H9/DT.Kep/2010 maka Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya membuka kesempatan kepada masyarakat untuk meneruskan pendidikan ke Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi. Program Doktor Ilmu Ekonomi ini mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan teori-teori ilmu ekonomi dan menguasai, serta mampu mengembangkan dan mengimplementasikan konsep-konsep ekonomi.

 

Visi yang diemban oleh Program Doktor Ilmu Ekonomi sesuai dengan visi Universitas Sriwijaya, yaitu : ”Menjadikan Program Doktor Ilmu Ekonomi sebagai program pascasarjana yang terkemuka di Indonesia dalam bidang Ilmu Ekonomi untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, berdaya saing dan berguna dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat”.

Misi

1. Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akademik yang unggul melalui penguasaan berbagai konsep teori dan metode mutakhir dalam Ilmu Ekonomi, sehingga mampu:

· mengembangkan cakrawala berpikir secara luas dan komprehensif;

· menidentifikasikan problem dan menganalisisnya, serta memformulasikan temuan ke dalam wacana

berfikir ilmiah yang berkualitas dan unggul.

2. Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang ekonomi baik untuk pengembangan ilmu maupun untuk menunjang pembangunan;

3. Menyebarluaskan informasi mengenai hasil-hasil penelitian yang berkaitandengan pengembangan ilmudan teknologi kepada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional.

SK Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sriwijaya (Unsri) Tim promotor berkewajiban untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa dalam penyelesaian dan penulisan proposal dan naskah disertasi.

Tim Penguji Proposal dan Disertasi terdiri dari Tim promotor 3 (tiga) orang dan tim penguji 5 (lima) orang. Tim penguji terdiri dari dosen berpendidikan strata 3 dan memiliki bidang yang sesuai dengan topik disertasi mahasiswa. Tim penguji ditentukan oleh Ketua Program Studi dan ditetapkan berdasarkan SK Dekan FE Unsri.

Pendaftaraan
Syarat Administrasi :
a. Foto kopi ijazah dan daftar nilai (transkrip) S1 dan S2 yang telah dilegalisir
b. IPK S2 minimal 3.00
c. Tesis S2 lengkap (asli atau foto kopi yang telah dilegalisir)
d. Foto kopi publikasi-publikasi ilmiah yang telah dilakukan berikut nama, nomor dan tahun penerbitan
e. Sertifikat atau penghargaan yang menunjukkan prestasi dan kemampuan karya ilmiah, termasuk kemampuan berbahasa asing dan bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing
f. Sinopsis rencana penelitian yang akan dilakukan dalam rangka menempuh pendidikan Doktor (S3)
g. Rekomendasi dari 3 (tiga) orang akademisi senior atau doktor
h. Daftar riwayat hidup lengkap (curriculum vitae).
i. Surat jaminan dari sponsor atau kesediaan membiayai pendidikan sampai dengan selesai
j. Surat keterangan kesehatan
k. Foto kopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor)
l. Pasfoto ukuran 4 x 6 cm (dua lembar)
m. Tanda bukti pembayaran biaya pendaftaran yang besarnya ditetapkan sesuai dengan ketentuan.

Masa Pendaftaran :
Tes TPA, Toefl, TBI tertulis & Presentasi rencana disertasi :
Pengumuman hasil seleksi :
Matrikulasi :
Perkuliahan :


Syarat Kelulusan :
a. Lulus syarat administrasi
b. Peserta memiliki skor TOEFL minimal 500 untuk TOEFL Prediction atau 450 untuk institusional TOEFL
c. Tes Potensi Akademik (TPA)
d. Tes bidang ilmu tertulis (TBI)
e. Presentasi rencana penelitian / proposal disertasi

Ujian Proposal Disertasi

Ujian proposal disertasi dapat dilaksanakan setelah ada persetujuan dari Tim Promotor dan mahasiswa telah melaksanakan Kolokium. Setiap mahasiswa program Doktor berhak melaksanakan 2 (dua ) kali ujian proposal selama proses pendidikan.

Apabila mahasiswa dinyatakan gagal dalam ujian proposal yang pertama, maka dengan persetujuan tim promotor dan penguji dapat dilakukan ujian proposal yang kedua dengan topik yang sama. Apabila dalam ujian proposal yang kedua mahasiswa dinyatakan gagal kembali, maka yang bersangkutan diwajibkan untuk merubah topik penelitian dan harus kembali ke proses awal penulisan proposal dan melewati tahapan kolokium.

Kolokium

Kolokium merupakan kegiatan wajib seorang mahasiswa melakukan paparan (presentasi) yang bertujuan untuk mengkaji kesahihan dan memantapkan metode dan atau pendekatan rencana penelitian secara langsung kepada publik serta untuk menerima saran dan kritik untuk kesempurnaan rencana penelitian dan hasil penelitian. Kolokium dilaksanakan dua (2) kali yaitu pertama sebelum pelaksanaan ujuan proposal dan kedua sebelum pelaksanaan ujian Naskah Disertasi. Kolokium dilaksanakan secara terbuka dan dapat dihadiri oleh umum selain tim Promotor.

Ujian Naskah Disertasi

Ujian Naskah Disertasi dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan draft disertasinya dan telah melaksanakan Kolokium serta telah disetujui oleh Tim promotor. Ujian Naskah Disertasi dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah disepakati oleh Tim promotor dan Tim Penguji dan ditentukan berdasarkan SK Dekan FE. Ujian Naskah Disertasi akan dipimpin oleh Dekan FE/Ketua Program Studi dan dilaksanakan secara tertutup.

Dalam Ujian Naskah Disertasi, mahasiswa wajib menyampaikan hasil penelitian dan argumentasinya dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh Tim Penguji serta menampung kritik dan saran yang diberikan oleh Tim penguji. Ujian Naskah Disertasi dapat dilaksanakan selama dua (2) sampai dengan tiga (3) jam.

Apabila mahasiswa dinyatakan lulus Ujian Naskah Disertasi dan telah menyelesaikan perbaikan-perbaikan sebagaimana saran dan kritik yang diberikan oleh Tim Penguji dan telah disetujui oleh Tim promotor , maka yang bersangkutan berhak untuk melaksanakan Ujian Disertasi atau Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh Tim Promotor dan Tim Penguji.

Apabila mahasiswa dinyatakan tidak lulus Ujian Naskah Disertasi, maka yang bersangkutan diberi waktu oleh Tim Promotor dan Tim Penguji untuk melakukan ujian Ulangan.

Apabila mahasiswa dinyatakan tidak lulus dalam ujian Ulangan Naskah Disertasi, maka yang bersangkutan akan diwajibkan untuk merubah topik penelitian dan harus mengulang proses penulisan dari proposal dengan Tim Promotor yang berbeda.

Ujian Disertasi/ Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor

Ujian Disertasi atau Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor dilaksanakan setelah mahasiswa melaksanakan Ujian Naskah Disertasi dan telah mendapat persetujuan dari Tim promotor. Ujian ini dilaksanakan untuk menilai kemampuan calon Doktor dalam mempertahankan materi disertasinya dan kemampuan yang mencakup wawasan keilmuan yang lebih luas di hadapan Publik. Ujian Disertasi merupakan acara seremonial yang menyatakan secara terbuka bahwa mahasiswa telah layak untuk dipromosikan sebagai Doktor .

Jadwal pelaksanaan sesuai dengan waktu yang disepakati Tim promotor dan Tim Penguji dan ditentukan berdasarkan SK Dekan FE.

Ujian Disertasi atau Sidang Terbuka Promosi Gelar Doktor akan dipimpin oleh Ketua Senat Universitas/Rektor Universitas Unsri atau pejabat yang ditunjuk dan dilakukan secara terbuka bagi civitas akademika Unsri dan pihak luar sesuai dengan undangan yang ditentukan oleh Dekan FE.

Syarat Kelulusan dan Predikat

Syarat kelulusan pendidikan Program Doktor Ilmu Ekonomi ditetapkan atas pemenuhan terhadap jumlah SKS yang disyaratkan dan Indeks Prestasi. Tidak memiliki nilai D. Predikat kelulusan diberikan berdasarkan perolehan IPK. Secara umum predikat kelulusan untuk program Doktor diatur oleh perguruan tinggi yang bersangkutan (SK Dirjen Dikti No: 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000). Universitas Sriwijaya telah menetapkan bahwa predikat kelulusan bagi lulusan Program Doktor adalah sebagai berikut:

SANGAT MEMUASKAN : IPK = 3,25 – 3,74

DENGAN PUJIAN (CUM LAUDE) : IPK = 3,75 – 4,00

Untuk kelulusan Cum Laude harus diselesaikan dengan masa tidak lebih dari 4 (empat) tahun , tanpa nilai C dan tidak pernah mengulang

mata kuliah.

 

Publikasi

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi diwajibkan untuk membuat minimal 2 (dua) publikasi ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional yang berkualitas. Seluruh publikasi ditulis oleh mahasiswa dengan pengarahan dari Tim promotor.

Putus Studi (Drop-Out)

Mahasiswa Program Doktor (S3) dinyatakan putus studi apabila:

1. Telah mendapat 3 kali peringatan terkait dengan IPK < 3,25 berdasarkan surat peringatan tertulis dari Dekan FE

2. Tidak lulus ujian Kualifikasi Kandidat Doktor setelah menempuh maksimal tiga kali ujian kualifikasi untuk Mata Kuliah yang diwajibkan

3. Tidak menyelesaikan studi/disertasi sampai berakhirnya masa studi mahasiswa tersebut.

4. Melakukan pelanggaran akademik seperti plagiat, pemalsuan berkas akademik, tidak menyelesaikan kewajiban administrasi dan keuangan, pelanggaran kriminal di lingkungan kampus Universitas Sriwijaya dan perbuatan lain yang dianggap merugikan dan membahayakan Civitas Akademika Unsri.

Mahasiswa yang dinyatakan DO tidak dapat diterima kembali untuk menjadi mahasiswa di program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas

Sriwijaya.

 

Staf Pengajar (Guru besar dan Doktor):

1. Prof. Nurlina Tarmizi, M.S., Ph.D.

2. Prof. Dr. Taufiq Marwa, M.Si.

3. Prof. Dr. Bernadette Robiani, M.Sc.

4. Prof. Syamsurijal, AK, Ph.D.

5. Prof. Dr. Didik Susetyo, M.Si.

6. Prof. Dr. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc.

7. Siti Zainab Bakir, Ph.D.

8. Dr. Azwardi, M.Si.

9. Dr. Rosmiati Chodijah, M.Si.

10. Bambang Bemby Subiyakto, M.A., Ph.D.

11. Drs. Tatang A.M. Sariman, M.A., Ph.D.

12. Dr. Suhel, M.Si.

 



  Program Studi Doktor Ilmu Manajemen

Prof Dr Hj.Sulastri ME,M.Kom

Ketua Prodi S3 Ilmu Manajemen

 

Sejarah Singkat Program Studi Doktor Ilmu Manajemen

Program Studi S3 (Doktor) Ilmu Manajemen merupakan Prodi yang menghasilkan profil lulusan dengan kompentensi manajemen SDM, Pemasaran, Keuangan dan stratejik dan kewirausahaan.

Visi

Menjadikan Program Doktor Ilmu Manajemen sebagai penyelenggara pendidikan pengembangan ilmu Manajemen yang bersaing didunia Akademik

Misi

• Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Program Doktor Ilmu Manajemen dalam upaya menghasilkan SDM dengan berbagai kekhususan keahlian yang berkenaan dengan bidang Manajemen
• Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dalam rangka menyempurnakan dan atau menemukan konsep/teori baru bidang keilmuan Manajemen yang memberikan kontribusi pada peningkatan daya saing bangsa
• Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan dan member kontribusi keilmuan Manajemen terhadap sector riil secara professional untuk peningkatan nilai tambah

Staff Pengajar ( Dosen S3 Manajemen )


1. Prof. Nurlina Tarmizi, M.S., Ph.D.
2. Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A.
3. Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A.
4. Prof. Dr. Taufiq Marwa, M.Si.
5. Prof. Dr. Bernadette Robiani, M.Sc.
6. Prof. Syamsurijal, AK, Ph.D.
7. Prof. Dr. Sulastri, M.E., M.Kom.
8. Prof. Dr. Didik Susetyo, M.Si.
9. Prof. Dr. Mohamad Adam.,SE.,ME
10. Dr. Azwardi, M.Si.
11. Dr. Agustina Hanafi, M.B.A.
12. Dr. Zunaidah, M.Si.
13. Isnurhadi, M.B.A., Ph.D.
14. Dr. Zakaria Wahab, M.B.A.
15. Dr. Rosmiati Chodijah, M.Si.
16. Bambang Bemby Soebyakto, M.A., Ph.D.
17. Drs. Tatang A.M. Sariman, M.A., Ph.D.
18. Dr. Inten Meutia, M.Acc., Ak.
19. Dr. Sa’adah Yuliana, M.Si.
20. Dr. Suhel, M.Si
21. Dr. Tertiarto Wahyudi, M.A.F.I.S., Ak.
22. Dr.Lukluk Fuadah, S.E., M.B.A., Ak.
23. Dr. Yulinai.,SE.,MM
24. Dr.Imam Asngari, S.E., M.Si.
25. Dr.Subardin, S.E., M.Si.
26. Dr.Yunisvita, S.E., M.Si.
27. Dr.Yulia Saftiana,SE., M.Si, Ak

 

 

Program Magister Ilmu Manajemen

 

Sejarah Program Studi Ilmu Manajemen

Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang didirikan berdasarkan SK pendirian NO 227/D/O/2010 tanggal pendirian 22 Desember 2010 dan mulai penyelengaraan Program Studi bulan Desember 2010. Pada Tanggal 15 Agustus 2011 Rektor Universitas Sriwijaya secara resmi membuka sekaligus menetapkan pejabat struktural dilingkungan Fakultas Ekonomi melalui Keputusan Rektor No 158/UN9/KP/2011.
 

Visi

Visi Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya adalah sebagai wadah untuk menghasilkan tenaga professional di bidang manajemen dan bisnis, yang memiliki basis keilmuan yang kuat, jiwa kewirausahaan dan kemampuan memanfaatkan kemajuan iptek dengan dilandasi oleh nilai-nilai etika dan moral yang tinggi sesuai dengan tuntutan era globalisasi dan menjadi insanI berkualitas, ilmiah dan imani berdaya saing global 2015.
 

Misi

1. Menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualifikasi Magister dan Doktor yang berkualitas ilmiah dan imani berdaya saing global.
2. Membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
3. Menghasilkan penelitian dengan kualitas nasional dan internasional
4. Menciptakan kerjasama internasional dalam bidang riset.
5. Menciptakan kerjasama internasional untuk mewujudkan magister berkualitas global
6. Mewujudkan Universitas Sriwijaya sebagai Universitas Riset pada tahun 2020
 

Kompetensi Prodi

Tujuan Umum
1.       Memperkuat latar belakang pengetahuan dasar pendidikan sarjana menuju kemandirian dalam melakukan penelitian dan pengkajian suatu masalah, serta mampu bekerjasama secara multidispliner guna menghasilkan suatu solusi yang tepat dan terpadu.
2.      Menyiapkan SDM untuk siap mengikuti Program Pendidikan Doktor (S3), apabila persyaratan lain yang diperlukan dipenuhi.

Pengetahuan dan Pemahaman
1.      Memiliki dedikasi, integritas dan kepribadian yang tinggi
2.      Program Studi Magister Ilmu Manajemen mencakup tiga konsentrasi yaitu Konsentrasi Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran dan ilmu-ilmu yang berhubungan.

Keterampilan Intelektual
1.      Tanggap dan siap meraih peluang dan menjawab tantangan perkembangan pembangunan ataupun permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bidang keahlinya.
2.      Mampu untuk memberikan pelayanan dan pengembangan profesi melalui pengemabangan ilmu dan riset.
3.      Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajarinya sebagai suatu profesi guna menunjang laju pengingkatan kesejahteraan manusia
4.      Dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama studi ke bidang pekerjaan.
5.      Memilki kemampuan yang baik dalam mengkomunikasikasikan pemikiran serta hasil karyanya.
6.      Mampu mengidentifikasikan masalah manajemen untuk kemudian merumuskannya menjadi kajian khusus dan kajian utama dalam penelitian tesis yang berbasis Ekonomi/Akuntansi/Manajemen
7.      Mampu berinteraksi dan berkoordinasi dengan disiplin ilmu lainnya
8.      Mampu meningkatkan pengetahuan dalam profesinya melalui penelitian dan pengembangan
9.      Mampu berpartisispasi dalam pengembangan IPTEK melalui identifikasi permasalahan yang berkelanjutan dalam bidang ilmu manajemen
10.  Mampu mengembangkan profesionalisme di bidang Ilmu Manajemen dalam spektrum yang lebih luas
11.  Mampu memberikan alternatif pemikiran solusi terhadap setiap kajian pembangunan dan implemnbtasi kebijakan dalam bidang Ilmu Manajemen untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat.

Kompetensi Lulusan Konsentrasi Prgram Studi Magister Ilmu Manajemen memiliki 3 konsentrasi sebagai berikut :
1.  Konsentrasi Manajemen SDM
-   Menguasai pengetahuan, ketrampilan dan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan masyarakat dan ditempat kerja
-   Memahami ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perencanaan pembangunan dengan memperhatikan arti penting kualitas Sumber Daya Manusia sebagai pengelola
2.   Konsentrasi Manajemen Keuangan
-    Menguasai ilmu dan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat dan juga dalam dunia kerja khususnya dalam perencanaan mengelola keuangan
3.   Konsentrasi Manajemen Pemasaran
-    Dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan bermasyarakat khususnya dalam menciptakan peluang kerja atau enterprenuer

 

Capaian Pembelajaran

Untuk mencapai gelar Magister Ilmu Manajemen (M.Si) mahasiswa/i harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
1.      Menyelesaikan Beban Studi dengan jumlah SKS 43 SKS
2.      Indeks prestasi kumulatif >=2,75
3.      Tidak ada nilai D
4.      Maksimum nilai C tidak melebihi 2 mata kuliah dari jumlah ditetapkan oleh Program Studi
5.      Telah menyelesaikan mata kuliah prasyarat bidang konsentrasi
6.      Telah menyelesaikan mata kuliah bidang konsetrasi
7.      Telah menyelesaikan Tesis

 

 

 Program Magister Manajemen

Hj. Marlina Widiyanti.,SE,.SH.,MM., Ph.D

Ketua Program Studi Magister Manajemen 

 

Sejarah Program Studi Magister Manajemen Unsri

Pembukaan Program Studi Magister Manajemen (MM) Universitas Sriwijaya diawali dengan masa penantian selama hampir 3 tahun (tahun 1992-1994). Rencana pembukaan Program Strata 2 di Fakultas Ekonomi berawal dari rencana pembukaan Program Master of Business Administration (MBA) pada tahun 1992. Namun, karena adanya surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang penertiban Program MBA, rencana pendirian Program MBA di Fakultas Ekonomi Unsri menjadi terhenti sementara. Usaha pendirian S2 di Fakultas Ekonomi Unsri kemudian dialihkan ke rencana pendirian Program Studi Magister Manajemen.

 

Berkat usaha-usaha gigih yang dirintis oleh Dekan Fakultas Ekonomi (periode 1988-1994 ) bersama Panitia Pendirian Program Magister Manajemen Universitas Sriwijaya, serta ridho Allah SWT, pembukaan Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya menjadi kenyataan, dengan terbitnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 296/Dikti/Kep./1994 tertanggal 11 Nopember 1994 tentang Pembentukan Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya. Berdasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi tersebut, maka Rektor Universitas Sriwijaya menerbitkan Surat Keputusannya No. 6544/PT11.1.1/c.2.a/1994 tanggal 28 Desember 1994 tentang Pembukakan/Pengangkatan Pengelola Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya. Berdasarkan SK Rektor tersebut, Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya telah dapat menerima mahasiswa angkatan pertama yang perkuliahannya dimulai pada tanggal 19 Juni 1995.

 

Pada tanggal 8 Desember 1997, telah dilakukan penggantian kepemimpinan Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya yang baru. Hal ini didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya No. 4978/PT11.1.1/C: 2.a/1997.

 

Kemudian dilakukan kembali pergantian kepemimpinan Program Studi Magister Manajemen Unsri yang baru. Hal ini didasarkan pada Surat Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya No. 2706/PT11.1.1/C:2.a/2000.

 

Pada awal pembukaan, Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya hanya menawarkan kekhususan/konsentrasi Manajemen Keuangan. Sejalan dengan adanya perkembangan sosial ekonomi dan kebudayaan masyarakat akan pengetahuan Pemasaran, maka Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya juga membuka konsentrasi Manajemen pemasaran. Penerimaan mahasiswa pada konsentrasi Manajemen pemasaran ini dimulai pada Angkatan VI tahun 1998 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya No. 6480 RT/PT11.1.1/O/1998. Disamping itu juga telah dibuka konsentrasi Akuntansi Manajemen, yang penerimaannya dimulai pada Angkatan VII tahun 1999 sesuai dengan Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya No. 0909/PT11.1.1/C.6.f/1999.

 

Sejalan dengan nuansa ekonomi daerah yang mendorong upaya-upaya pengembangan Sumber Daya Manusia, maka pada penerimaan mahasiswa angkatan VIII dibuka konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia yang ternyata peminatnya cukup besar. Pengembangan konsentrasi tersebut tertuang pada Surat Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya No. 1736/PT11.1.1/C.6.f/2000. Upaya pengembangan Program Studi terus dilakukan. Saat ini Program Studi Magister Manajemen Unsri menambahkan 2 (dua) konsentrasi lagi, yaitu Konsentrasi Manajemen Umum dan Konsentrasi Manajemen Pelayanan Publik dengan SK Rektor No. 0515/PT11.1.1/C.6.f/2001 tentang Kurikulum Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya.(http://mm.unsri.ac.id/)

 

Program yang ditawarkan

  1. Single Degree
  • Program Reguler Pagi (3 Semester)
  • Hari Senin s/d Jum’at
  • Pukul 08.00 s/d 10.30 WIB
  • Program Reguler Malam (3 Semester )
  • Hari Senin s/d Jum’at
  • Pukul 19.00 s/d 21.30 WIB
  • Program Akhir Pekan (4 Semester)
  • Hari Jum’at dimulai pukul 19.00 s/d 21.30 WIB
  • Sabtu dimulai pukul 08.00 s/d 17.00 WIB.
  1. Konsentrasi yang dibuka
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Umum

 

 

Program Pasca Ilmu Ekonomi

 

  

Ketua Prodi Ilmu Ekonomi(S2)

Dr. Azwardi,S.E..,M.Si

 

LATAR BELAKANG

Mulai tahun ajaran 1996/1997, Universitas Sriwijaya (Unsri) me-nyelengga-rakan Pro-gram Studi Magister Ilmu Ekonomi yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 102/Dikti/Kep/1996 tanggal 17 April 1996. Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Unsri telah Terakreditasi berdasarkan SK BAN-DIKTI No. 00502/AK-IV/S2-005/USIEKO/V/2005. Program Studi ini bertujuan untuk menghasilkan Magister Ilmu Ekonomi yang :

Memahami ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perencanaan pembangunan dengan memperhatikan arti penting kualitas sumberdaya manusia sebagai pengelola
Mampu dalam mengidentifikasi pembangunan ekonomi dan permasalahannya untuk kemudian merumuskannya menjadi kajian khusus dan kajian utama dalam penelitian tesis
Mempunyai kemampuan meneliti masalah-masalah ekonomi khususnya yang berkaitan dengan perencanaan pembangunan dan sumberdaya manusia serta mampu mengimplementasikannya
Mampu berinteraksi dan berkoordinasi dengan disiplin ilmu lainnya.

V I S I

Menjadikan Program Studi Ilmu Ekonomi sebagai program pascasarjana yang terkemuka di Indonesia dalam bidang pendidikan ilmu ekonomi untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas berwawasan luas, dan berguna dalam pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

M I S I

Menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akademik yang unggul melalui penguasaan berbagai konsep teori dan metode mutakhir dalam ilmu ekonomi, sehingga mampu :
Mengembangkan cakrawala berpikir secara luas dan komprehensif.
Mengidentifikasikan problem dan menganalisisnya, serta memformulasikan temuan ke dalam wacana berpikir ilmiah yang berkualitas dan unggul.
Melaksanakan kegiatan penelitian dibidang ekonomi, terutama ekonomi sumberdaya manusia, agroindustri, dan pembangunan kawasan, sebagai bagian dari kurikulum, baik untuk pengembangan ilmu maupun untuk menunjang pembangunan daerah.
Menyebarluaskan informasi mengenai hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan pengembangan ilmu dan teknologi kepada masyarakat, baik di tingkat nasional maupun internasional.

T U J U A N
Menghasilkan lulusan yang mempunyai kualifikasi sebagai berikut :

  1. Mampu meningkatkan pengetahuan dalam profesinya melalui penelitian dan pengembangan;
  2. Mampu berpartisipasi dalam pengembangan IPTEK melalui identifikasi permasalahaan yang berkelanjutan sebagai kajian utama dalam bidang ilmunya;
  3. Mampu mengembangkan profesionalisme dibidang ilmunya dalam spektrum yang lebih luas;
  4. Mampu memberikan alternatif pemikiran solusi terhadap setiap kajian pembangunan dan implementasi kebijakan dalam bidang ilmunya untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup rakyat
  5. Mampu melanjutkan pendidikan ke Program S3

DOSEN &STAF PENGAJAR :

  1. Prof. Nurlina Tarmizi, M.S., Ph.D.
  2. Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A.
  3. Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A.
  4. Prof. Dr. Taufiq Marwa, M.Si.
  5. Prof. Dr. Bernadette Robiani, M.Sc.
  6. Prof. Syamsurijal, AK, Ph.D.
  7. Prof. Dr. Sulastri, M.E., M.Kom.
  8. Prof. Dr. Didik Susetyo, M.Si.
  9. Siti Zainab Bakir, Ph.D.
  10. Dr. Azwardi, M.Si.
  11. Dr. Agustina Hanafi, M.B.A.
  12. Dr. Zunaidah, M.Si.
  13. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.E.
  14. Isnurhadi, M.B.A., Ph.D.
  15. Dr. Zakaria Wahab, M.B.A.
  16. Dr. Rosmiati Chodijah, M.Si.
  17. Bambang Bemby Soebyakto, M.A., Ph.D.
  18. Drs. Tatang A.M. Sariman, M.A., Ph.D.
  19. Dr. Inten Meutia, M.Acc., Ak.
  20. Drs. Syaipan Djambak, M.Si.
  21. Drs. Zulkarnain Ishak, M.A.
  22. Drs. Fachrizal Bachri, M.Sc.
  23. Drs. Harunurrasyid, M.Com.
  24. Drs. Suhel, M.Si.
  25. Drs. Abbas Effendi, M.Si.
  26. Dra. Sa’adah Yuliana, M.Si.
  27. Drs. M. Teguh, M.Si.
  28. Drs. Nazeli Adnan, M.Si.
  29. Drs. M. Komri Yusuf, M.Si.
  30. Drs. Yusuf Haryono, M.M., Ak.
  31. Drs. Harun Delamat, M.Si, Ak.
  32. Mukhtaruddin, S.E., M.Si, Ak.
  33. Dra. Kencana Dewi, M.Sc, Ak.
  34. Dra. Rina Tjandrakirana DP, M.M., Ak.
  35. Yulia Saftiana,SE., M.Si, Ak.
  36. Drs. Burhanuddin, M.Acc, Ak.
  37. Ubaidillah, S.E., M.M., Ak., C.P.A.
  38. Drs. Aspahani, M.M., Ak.
  39. Drs. Muhammad Nasai, M.A.F.I.S., Ak.
  40. Arista Hakiki, S.E., M.Acc, Ak.
  41. Drs. Tertiarto Wahyudi, M.A.F.I.S., Ak.
  42. Rela Sari, S.E., M.Si, Ak.
  43. Rizqy Yulianto, S.E., M.Si., Ak.
  44. Emylia Yuniarti, S.E., M.Si, Ak.
  45. Lukluk Fuadah, S.E., M.B.A., Ak.
  46. Rochmawati Daud, S.E., M.Si., Ak.
  47. Dewi Rina Komarawati, S.E., Ak., M.M.,
  48. Drs. A Widad, M.Sc.
  49. Drs. Islahuddin Daud, M.M.
  50. Nofiawaty, S.E., M.M.
  51. Drs. M. Kosasih Zen, M.Si.
  52. Drs. Yuliansyah M. Diah, M.M.
  53. Drs. Umar Hamdan AJ, M.B.A.
  54. Isni Andriana, SE, M.Fin.
  55. Taufik, SE., M.B.A.
  56. Drs. Dian Eka, M.M.
  57. Drs. Supardi A. Bakri, MPA.
  58. Drs. Abdul Gani Harun, S.U.
  59. Drs. Akhmad Nazaruddin, M.M.
  60. Anna Yulianita, S.E., M.Si.
  61. Aslamia Rosa, S.E., M.Si.
  62. Welly Nailis, S.E., M.M.
  63. Imam Asngari, S.E., M.Si.
  64. Subardin, S.E., M.Si.
  65. Yunisvita, S.E., M.Si.
  66. Ahmad Subeki, S.E., M.M., Ak.
  67. Mukhlis, S.E., M.Si.
  68. Sukanto, S.E., M.Si.
  69. Hasni Yusrianti, S.E., M.Acc., Ak.
  70. Ermadiani, S.E., M.M., Ak.
  71. Imelda, S.E., M.Si

.