28 Februari 2018, 13:39, dibaca 294 kali
Share |

Palembang, Sumselnain.com - Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Palembang mengejar target akreditasi internasional setelah selama empat kali menyandang akreditasi A.

Ketua Progam Studi (Prodi) Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Unsri Hj Marlina Widiyanti di Palembang, Senin, mengatakan, upaya menuju ke akreditasi internasional itu terus dilakukan karena pemerintah dipastikan akan membuka pasar global pendidikan di Tanah Air.

"Kami melakukan pembenahan, baik SDM maupun infrastruktur. Target kami setidaknya dalam dua tahun sudah bisa," kata dia.

Sementara Ketua Aliansi Program Magister Manajemen Indonesia (AMMI) Harryadin Mahardika mengatakan hal ini sejalan dengan visi organisasi yakni bagaimana menyiapkan program studi magister manajemen dalam negeri menghadapi pasar pendidikan global yang tak lama lagi dibuka pemerintah.

"Intinya kami ingin mahasiswa lulusan MM dalam negeri mampu bersaing. Ini sangat mungkin karena sebenarnya SDM kita tidak kalah dari luar, hanya saja mungkin kurang percaya diri," kata dia.

Untuk mendorong peningkatan daya saing ini, APMMI dengan anggota 60 universitas di seluruh Indonesia menargetkan hingga lima tahun mendatang sebanyak 50 universitas sudah terakreditasi internasional. Sementara saat ini baru tercapai 14 universitas.

Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya bersama Aliansi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI) juga menginisiasi lahirnya situs manajemenindonesia.com untuk mempermudah peningkatkan literasi dan pemahaman masyarakat atas konten manajemen.

Lahirnya website ini tak lain untuk merespon era VUCA (volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity) yakni situasi dan kondisi dunia bisnis pada masa kini.

Ia menjelaskan, VUCA merupakan sebuah era dimana terjadinya perubahan yang sangat cepat.

"Semangatnya dilatari karena saat ini kami masih kesulitan untuk mencari artikel manajemen, informasi terkait adanya sekolah bisnis S2 di Indonesia. Bahkan humor seputar konten-konten manajemen. Melalui laman ini, Unsri ingin turun langsung membantu," kata Marlina.

Untuk itu, situs manajemen ini diluncurkan pada saat penyelenggaraan Rapat Tahunan Aliansi Program Magister Manajemen Indonesia (APMMI) di Hotel Excelton, Palembang, 22-23 Februari 2018.

Bukan sekadar menggelar rapat tahunan APMMI juga menggelar workshop yang menghadirkan Prof Dr Eduardus Tendelilin MBA dan Prof Dr Heru Kurnianto MBA dalam Tema "Higher Education and Leadership Management (HELM) in The Era of Digitsl Disruptive". (A/AR)



Send Your Comment:

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion