Koordinator Prodi D3- Sekretariatan
Welly Nailis, S.E., M.M.

Kata Sambutan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

 Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Prodi Kesekretariatan (D3) dapat memperbaiki konten pada website resmi ini. Kehadiran Website Prodi Kesekretariatan (D3) diharapkan dapat memudahkan penyampaian informasi secara terbuka kepada mahasiswa dan calon mahasiswa, alumni dan masyarakat serta instansi atau perusahaan lain yang terkait. 

 Semoga dengan kehadiran Website resmi ini akan terjalin informasi dan komunikasi sebagai salah satu upaya dalam mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah serta akurat dalam mengakses informasi terkait Program Studi Kesekretariatan (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Informasi disampaikan dengan mengikuti perkembangan media teknologi pengetahuan yang berkembang dengan cepat pula, sehingga diharapkan dapat terjalin komunikasi yang dua arah.

Terima Kasih…

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

WELLY NAILIS, S.E., M.M.

KoordinatorProgram Studi Kesekretariatan (D3)

Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

IDENTITAS PROGRAM STUDI

1.Nama Perguruan Tinggi: Universitas Sriwijaya
2.Fakultas : Ekonomi
3.Program Studi: Kesekretariatan (D3)
4.Tanggal, Tahun Berdiri: 18 Maret 1975
5.Kode Dikti: 60201
6.Akreditasi: B (Keputusan BAN-PT No. 2216/SK/BAN-PT/Ak-PPI/Dipl-III/IV/2021
7.Jenjang Pendidikan: Diploma III (D3)
8.Gelar Lulusan: Ahli Madya (A.Md)
9.Bukti Kelulusan: Ijazah, Transkrip Nilai, SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)
10.Koordinator Program Studi: Welly Nailis, S.E., M.M.
: NIP 197407102008011011
1.Nama Perguruan Tinggi: Universitas Sriwijaya
2.Fakultas : Ekonomi
3.Program Studi: Kesekretariatan (D3)
4.Tanggal, Tahun Berdiri: 18 Maret 1975
5.Kode Dikti: 60201
6.Akreditasi: B (Keputusan BAN-PT No. 2216/SK/BAN-PT/Ak-PPI/Dipl-III/IV/2021
7.Jenjang Pendidikan: Diploma III (D3)
8.Gelar Lulusan: Ahli Madya (A.Md)
9.Bukti Kelulusan: Ijazah, Transkrip Nilai, SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)
10.Koordinator Program Studi: Welly Nailis, S.E., M.M.
: NIP 197407102008011011


Sejarah

Fakultas Ekonomi juga menyelenggarakan Program Diploma Tiga (D-III) sejak tahun 1983. Program ini merupakan hasil Perubahan Lembaga Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP). Adapun program pendidikan ahli ini merupakan Passing Out Akademi Administrasi Negara pada 1975.

Sampai saat ini Program Diploma Tiga (D-III) mempunyai Dua Program studi yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Kesekretariatan dengan 8 Konsentrasi (1) Akuntansi Keuangan Umum, (2) Akuntansi Perpajakan, (3) Akuntansi Syariah, (4) Akuntansi Keuangan Daerah, (5) Manajemen Keuangan, (6) Manajemen Pemasaran, (7) Manajemen Perbankan Syariah dan (8) Kesekretariatan

VISI MISI DAN TUJUAN D III AKUNTANSI

VISI

Menjadi Program Studi Kesekretariatan sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi tingkat Ahli Madya yang mampu merespon kebutuhan organisasi khususnya di bidang administrasi perusahaan dan menyediakan tenaga kerja trampil, berkualitas dan siap kerja serta mampu bersaing di tingkat nasional

MISI

Misi Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional di tingkat Ahli Madya dengan memberikan pengetahuan teoritis dan praktis.
  2. Mengembangkan ketrampilan mahasiswa di tingkat Ahli Madya yang mempunyai dedikasi, bermoral, berintegritas, berwawasan dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan global.
  3. Menyelenggarakan sistem pendidikan profesional di tingkat Ahli Madya agar menghasilkan lulusan siap pakai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang administrasi perusahaan sesuai dengan kebutuhan pengguna (users).
  4. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan partisipasi aktif civitas akademika dan pemangku kepentingan.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya adalah:

  1. Menghasilkan Ahli Madya yang memiliki integritas kepribadian, berdaya saing, berjiwa Pancasila dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu administrasi perkantoran dan bisnis, memiliki budaya akademik yang tercermin dari sikap jujur, terbuka, disiplin, bertanggung jawab, dan menghargai pendapat orang lain;
  3. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan serta pelayanan yang profesional kepada masyarakat, mampu beradaptasi dan bekerja sama.
  4. Bergairah untuk mengikuti perkembangan pengetahuan dan ketrampilan teknologi di bidangnya yang berguna bagi pemerintah, dunia usaha, dan kesejahteraan masyarakat.

KURIKULUM

Bidang Kajian Utama

Berdasarkan visi, misi, tujuan dan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya yang telah dirumuskan, maka kurikulum yang dikembangkan Program Studi Kesekretariatan harus ditopang oleh sejumlah bahan kajian yang dapat mengantarkan pada pencapaian CPL. Bidang capaian pembelajaran yang telah ditetapkan (Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus) setiap bidang memerlukan bahan kajian atau kelompok pengetahuan dan teknologi yang sesuai.

Ada 4 kelompok pengetahuan dan analisis kebijakan yang disepakati untuk menjadi ciri Konsentrasi pada Program Studi Kesekretariatan. Kelompok Bidang Kajian Utama dimaksud adalah:

  1. Bidang Kajian Utama Kesekretarisan,
  2. Bidang Kajian Utama Manajemen Keuangan,
  3. Bidang Kajian Utama Manajemen Pemasaran,
  4. Bidang Kajian Utama Manajemen Perbankan Syariah

DOSEN DAN STAF KARYAWAN AKUNTANSI

NoNama DosenAsal Dosen
1Drs. H. Ahmad Widad, M.Sc.Manajemen
2Drs. Yuliansyah M. Diah, M.M.Manajemen
3Dr. Yuliani, S.E., M.M.Manajemen
4Hj. Nofiawaty, S.E., M.M.Manajemen
5H. Taufik, S.E., M.B.A.Manajemen
6Isni Andriana, S.E., M.Fin., Ph.D.Manajemen
7Dr. Aslamia Rosa, S.E., M.Si.Manajemen
8Welly Nailis, S.E., M.M.Manajemen
9Dr. Shelfi Malinda, S.E., M.M.Manajemen
10Dr. Kemas M .Husni Thamrin, S.E., M.M.Manajemen
11Dr. Mu'izzuddin, S.E., M.M.Manajemen
12Yulia Hamdaini Putri, S.E., M.Si.Manajemen
13Dr. M. Ichsan Hadjri, S.T., M.M.Manajemen
14Dr. Ahmad Maulana, S.E., M.M.Manajemen
15Agung Putra Raneo, S.E., M.Si.Manajemen
16Dr. Ir. Yos Karimuddin, MMManajemen
17Wita Farla WK, S.E., M.M.Manajemen
18Dessy Yunita, S.E., M.M., M.B.A.Manajemen
19Fida Muthia, S.E., M.Sc.Manajemen
20Hera Febria Mavilinda, SE, M.SiManajemen
21Lina Dameria Siregar, SE, M.M.Manajemen
22Nyimas Dewi Murnila Saputri, S.E., M.S.M.Manajemen
23Parama Santati, S.E., M.Kom.Manajemen
24Dra. Hj. Suhartini Karim, M.M.Manajemen
25Drs. H. Islahuddin Daud, M.M.Manajemen
26M. Eko Fitrianto, S.E., M.Si.Manajemen
27Iisnawati, S.E., M.Si.Manajemen
28Mellisa Ariana Putri, S.E., S.H., M.M.Manajemen
29Nia Meitisari, S.E., M.Si.Manajemen
30Poni Fitria Ramadhani, S.E., M.Si.Manajemen
31Muhammad Azmi, SE., M.Si.Manajemen
32Philein Hafidz Al Kautsar, S.T. M.S.M.Manajemen
33Dr. Mukhlis, S.E., M.Si.Ekonomi Pembangunan
34Dr. Sukanto, S.E., M.Si.Ekonomi Pembangunan
35Deasy Apriani, S.E., M.SiEkonomi Pembangunan
36Dr. Anna Yulianita, S.E., M.SiEkonomi Pembangunan
37Fenny Marissa, S.E., M.SiEkonomi Pembangunan
38Ariodillah Hidayat, S.E., M.Si.Ekonomi Pembangunan
39Hamira, S.E., M.SiEkonomi Pembangunan
40Ichsan Hamidi, S.H.I., M.Si.Ekonomi Pembangunan
41Ermadiani, S.E., M.M., Ak., C.A.Akuntansi
42Sri Maryati, S.E., M.Sc.Akuntansi
43Abu Kosim, SE, MM, Ak.Akuntansi
44Trie Sartika, SE, M.Acc.Akuntansi
45Muhammad Hidayat, S.E., M.Si, AkAkuntansi
46Nilam Kesuma, S.E., M.Si.Akuntansi
47Mukhtaruddin, S.E., M.Si, Ak.Akuntansi
48Patmawati, S.E., M.Si. Ak.Akuntansi
49Abdulrohman, S.E., M.Si.Akuntansi
50Fardinant Adhitama, S.E., M.Si. Ak.Akuntansi
51Rindang Senja Andarini, S.Ikom, M.Ikom.Fisipol Unsri
52Drs. Gatot Budiarto, M.Si.Fisipol Unsri
53Febri Marini Malinda, S.Sos., M.A.Fisipol Unsri
54Rizky Ghoffar Ismail, S.Psi. M.Si/Fisipol Unsri
55Dra. Zuraida, M.Pd.Lembaga Bahasa unsri
56Hervin ARN, S.Pd., M.Pd.Lembaga Bahasa unsri
57Novia Rabbani, S.Pd., M.Pd.Lembaga Bahasa unsri
58Ns. Amelia Octarina, S.Kep., M.Kes.Praktisi RSUD Siti Fatimah Sumsel
59Dr. Dian Aryogo, S.Psi, M.Si, Psikologi (P)Praktisi Psikologi Solusia
60Muhammad Daud, S.Psi, M.Si, Psikologi (P)Praktisi Psikologi Solusia
61Yussi Rafaeni, S.E., M.Si.Praktisi Psikologi Solusia
62Irfan Budi Kustanto, S.Psi., M.Psi., Psikologi (P)Praktisi Psikologi Solusia
63PraktisiDinas Kearsipan Provinsi Sumsel
64Dedi Junaidi, S.E. (Praktisi)Praktisi Kewirausahaan
65Siti Aisyah Rensi Zen, S.Pd., M.Kes.Pengelola Kursus Bahasa Asing 2N7
66Saekan Noer, S.H., M.M.Praktisi Bank Sumsel Babel Syariah
67Drs. KusnayatPraktisi Bahasa Mandarin
68Suharto, S.E.Praktisi Marketing
69Dr. Joko Prasetyo, S.E., M.M.Praktisi PT Pegadaian
70Eka Jati Rahayu Firmansyah, MEIPraktisi Bank Syariah
70Drs. AL PurwonugrohoPraktisi Dinas Perdagangan

Profil Kelulusan

(Secretary)Lulusan Prodi Kesekretariatan menjadi Ahli Madya yang mampu melaksanakan tugas-tugas sekretaris dan pekerjaan administrasi yang trampil dan kompeten untuk membantu pimpinan dengan sikap dan penampilan yang profesional.Wiraswasta (Entrepreneur)Lulusan Prodi Kesekretariatan menjadi Ahli Madya yang mampu merintis, mengelola dan mengembangkan usaha yang berkelanjutan, secara kreatif dan inovatif.
No Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (CPL-Prodi)
1 SIKAP dan KEPRIBADIAN
 S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
 S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
 S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
 S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
 S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
 S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
 S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
 S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
 S9Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
 S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2 PENGETAHUAN
 PP1Menguasi konsep teoritis secara umum mengenai kesekretarisan dan administrasi perusahaan serta mampu memformuasikan penyelesaian masalah prosedural.
 PP2Menguasai teori dan praktek bidang pengetahuan kesekretariasan dan administrasi perusahaan dalam menerapkan teknologi informasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
 PP3Menguasai teori dan praktek kewirausahaan untuk memberikan wawasan kewirausahaan dan membangkitkan semangat wirausaha.
 PP4Menguasai konsep teoritis korespondensi bisnis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
 PP5Menguasai teori dan praktek penyusunan   karya  ilmiah   sesuai dengan   format  yang  berlaku   dan  teknik penulisan sitasi untuk menghindari plagiasi.
 PP6Menguasi teori dan praktek yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi untuk analisis data dan informasi.
 PP7Menguasai konsep ketuhanan, kemasyarakatan, kebangsaan, serta etika sosial dalam kehidupan bermasyarakt dan bernegara.
2 PENGETAHUAN
 PP8Menguasi Konsep praktis nilai, etika, dan norma akademik.
 PP9Memahami konsep teoritis pekerjaan berlingkup luas mengenai kesekretarisan dan administrasi perusahaan/bisnis.
 PP10Menguasai konsep pengelolaan kegiatan pimpinan.
 PP11Menguasai konsep pelayanan prima.
 PP12Menguasai konsep teoritis komunikasi secara efektif.
 PP13Menguasai teori dan praktek Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
 PP14Menguasai konsep pengelolaan relasi perusahaan baik secara internal maupun eksternal.
3 KETERAMPILAN UMUM
 KU1Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode sederhana yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
 KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
 KU3Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
 KU4Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
 KU5Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
 KU6Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
 KU7Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
 KU8Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
3 KETERAMPILAN KHUSUS
 KK1Mampu menunjukkan kinerja dalam bidang kesekretariatan dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
 KK2Mampu menyelesaikan pekerjaan kesekretariatan secara professional dengan mengedepankan etika dan moralitas serta kreativitas dan inovasi.
 KK3Mampu menciptakan konsep yang dapat diaplikasikan dalam ruang lingkup kesekretariatan yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi.
 KK4Mampu menciptakan keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang kesekretariatan.
 KK5Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas mengenai kesekretarisan dan administrasi perusahaan/bisnis.
3 KETERAMPILAN KHUSUS
 KK6Mampu mengelola kegiatan pimpinan.
 KK7Mampu mengelola informasi untuk pengambilan keputusan pimpinan.
 KK8Mampu mengelola relasi pimpinan baik relasi secara nternal maupun eksternal.
 KK9Mampu mengelola kegiatan administrasi perusahaan.
 KK10Mampu melakukan korespondensi bisnis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
 KK11Mampu memberikan pelayanan prima.
 KK12Mampu mengembangkan kewirausahaan, dengan memilih metode yang relevan, melakukan analisis data, dan secara kreatif dan inovatif.
 KK13Mampu berkomunikasi secara efektif.
 KK14Mampu berbahasa secara lisan dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin dalam bidang bisnis perusahaan.
 PP12Menguasai konsep teoritis komunikasi secara efektif.
 PP13Menguasai teori dan praktek Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
 PP14Menguasai konsep pengelolaan relasi perusahaan baik secara internal maupun eksternal