MAGISTER (S2) Ilmu Manajemen
Izin Penyelenggaraan Dikti No.227/D/2010
Akreditasi B
SK BAN PT Terakreditas
Website: fe.unsri.ac.id/pps.unsri.ac.id
Email: s2ilmumanajemen@fe.unsri.ac.id
Sejarah Program Studi Ilmu Manajemen
Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang didirikan berdasarkan SK pendirian NO 227/D/O/2010 tanggal pendirian 22 Desember 2010 dan mulai penyelengaraan Program Studi bulan Desember 2010. Pada Tanggal 15 Agustus 2011 Rektor Universitas Sriwijaya secara resmi membuka sekaligus menetapkan pejabat struktural dilingkungan Fakultas Ekonomi melalui Keputusan Rektor No 158/UN9/KP/2011.
Visi
Visi Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya adalah sebagai wadah untuk menghasilkan tenaga professional di bidang manajemen dan bisnis, yang memiliki basis keilmuan yang kuat, jiwa kewirausahaan dan kemampuan memanfaatkan kemajuan iptek dengan dilandasi oleh nilai-nilai etika dan moral yang tinggi sesuai dengan tuntutan era globalisasi dan menjadi insanI berkualitas, ilmiah dan imani berdaya saing global 2015.
Misi
1. Menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berkualifikasi Magister dan Doktor yang berkualitas ilmiah dan imani berdaya saing global.
2. Membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
3. Menghasilkan penelitian dengan kualitas nasional dan internasional
4. Menciptakan kerjasama internasional dalam bidang riset.
5. Menciptakan kerjasama internasional untuk mewujudkan magister berkualitas global
6. Mewujudkan Universitas Sriwijaya sebagai Universitas Riset pada tahun 2020
Kompetensi Prodi
KURIKULUM DAN SINOPSIS MATA KULIAH PROGRAM S2 PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Semester
Kode MK
Mata Kuliah
SKS
EIM 5101
Metodologi, Etika Penelitian dan Peblikasi Ilmiah
3
I
EIM 5102
Statistik Parametrik dan Non Parametrik
3
EIM 5103
Analisis Bisnis dan Manajemen Informasi
3
EIM 5104
Pengembangan Model Bisnis dan Kewirausahaan
3
Jumlah SKS Semester I
12
EIM 5205
Manajemen Keuangan Perusahaan
3
II
EIM 5206
Manajemen Pemasaran Terintegrasi
3
EIM 5207
Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia
3
EIM 5208
Manajemen Stratejik dan Keunggulan Bersaing
3
Jumlah SKS Semester II
12
3
III
Mata Kuliah Konsentrasi
3
3
Jumlah SKS Semester III
9
IV
EIM 6010
Tesis
6
Jumlah SKS Semeter IV
6
Jumlah Total SKS
36
Mata Kuliah Konsentrasi :
NO.
BKU
KodeMK
MataKuliah
SKS
1
Manajemen SDM
EIM 6109
Kepemimpinan
3
EIM 6110
Perubahan dan Pengembangan Organisasi
3
EIM 6111
Perilaku Keorganisasian
3
2
Manajemen Pemasaran
EIM 6115
Perilaku Konsumen
3
EIM 6116
Marketing Digital
3
EIM 6117
Pemasaran Jasa
3
3
ManajemenKeuangan
EIM 6112
Manajemen Investasi dan Portofolio
3
EIM 6113
Mitigasi Risiko Bisnis
3
EIM 6114
Manajemen Keuangan Global
3
Sinopsis Mata Kuliah Program Studi Magister Ilmu Manajemen (S2
EIM 5101 Metodologi, Etika Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Mata kuliah memberikan pemahaman mengenai teknik penelitian ilmiah lanjutan secara sistematis, langkah-langkah metode ilmiah, dan aplikasi metodologi penelitian ilmu manajemen dalam kegiatan penelitian. Materi kuliah mencakup: proses menemukan fenomena yang melatarbelakangi perumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian; fungsi teori dan hipotesis dalam penelitian; operasionalisasi variabel penelitian, penentuan indikator dan pengukurannya; rancangan pengambilan sampel dan pengumpulan data; analisis data; intepretasi hasil, penyimpulan dan rekomendasi serta penulisan laporan hasil penelitian. Mata kuliah ini juga dilengkapi dengan teknik publikasi artikel jumal sebagai syarat bagi mahasiswa magister dalam menyelesaikan studi.
EIM 5102 Statistik Parametrik dan Non-Parametrik
Mata kuliah ini membahas tentang statistikparametricdannonparametricstatistic. Deskriptif dan inferensial (univariatdan multivariat), structuralequationmodellingdan model dinamik timeseries. Statistik inferensial, dibahas proses sampling, distribusi sampling, dan inferenceparameter populasi serta pengujian hipotesis. Statistik nonparametric dengan berbagai alat uji antara lain smirnovtest, kruskal wallis test, sign test dan rank correlation spearman dan kendall. Pengujian persamaan terstruktur serta penggunaan model-model kompleks dan penggunaan variabel dummy. Analisis jalur, Confirmatory dan Dynamic Modelling Statistical. Kegiatan perkuliahan dilakukan di kelas dan Laboratorium Kuantitatif dan Kualitatif.
EIM 5103 Analisis Bisnis dan Manajemen Informasi
Mata kuliah ini membahas tentang tools dalam analisis bisnis dengan menggunakan big data sebagai manajemen informasi. Analisis bisnis juga membahas proses pengambilan keputusan yang didasarkan pada pengolahan angka-angka, penyajian model secara sistematis dalam bentuk penyederhanaan atau simplifikasi. Model-model general dan sederhana lebih mudah untuk dipahami dan mempunyai makna interpretatif yang dipahami secara bersama, sehingga akan lebih mudah untuk memecahkan masalah-masalah manajemen. Dalam pembelajaran ini mahasiswa diharapkan akan mampu menggunakan peralatan kuantitatif dalam proses pengambilan keputusan manajemen melalui pembelajaran berbagai studi kasus, simulasi dan latihan pemecahan masalah. Praktikum penggunaan SPSS dan QM for Windows dilakukan dalam laboratorium kuantitatif.
EIM 5104 Pengembangan Model Bisnis dan Kewirausahaan
Mata kuliah ini meliputi gambaran proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui saluran pelanggan, pasar, relasi bisnis. Pengembangan model bisnis dan kewirausahaan merupakan interaksi dari ketiga saluran tersebut dapat menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh dan memberikan suatu nilai jangka panjang yaitu uang, keuntungan, image, atau apa saja yang menjadi tujuan utama sebuah bisnis dapat berkembang. Orang yang bertanggung jawab atas pengembangan model bisnis bukan hanya mengusahakan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat, namun juga harus memikirkan strategi jangka panjang demi berkembangnya perusahaan. Seorang enterpreneurship harus memutar uang terus-menerus agar perusahaan selalu memperoleh laba.
EIM 5205 Manajemen Keuangan Perusahaan
Mata Kuliah ini membahas secara mendalam tentang mengelola keuangan perusahaan dan peran lembaga keuangan sebagai fungsi intermediasi bagi manajer keuangan dalam mengelola perusahaan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajarkan secara case dan diskusi cukup mendalam teori-teori keuangan terutama yang berhubungan dengan perusahaan (corporote finance). Selain itu, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan dasar-dasar investasi (investment) dan pasar modal (capital market) dan keterkaitan antara bidang-bidang tersebut. Peran dari lembaga keuangan sebagai fungsi intermediasi akan melengkapi mata kuliah ini.
Staf Pengajar
No
NamaDosen
1
Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A.
2
Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A
3
Prof. Dr. Sulastri, M.E., M.Com.,CIFM®.,CWM®
4
Prof. Dr. Taufiq, M.Si.
5
Prof. Dr. Mohamad Adam., SE., ME., CFP®., QWP.,CWM®
6
H. Isnurhadi, MBA., Ph.D., CWM®., CRP®
7
Dr. Yuliani, SE, MM., CFP®., QWP., AEPP., CWM®
8
Dr. Hj. Zunaidah., SE., M.Si., CHRM
9
Hj. Marlina Widiyanti, SE.,SH.,MM.,M.Hum., Ph.D., AMA
Untuk mencapai gelar Magister Ilmu Manajemen (M.Si) mahasiswa/i harus memenuhi kriteria sebagai berikut : 1. Menyelesaikan Beban Studi dengan jumlah SKS 43 SKS 2. Indeks prestasi kumulatif >=2,75 3. Tidak ada nilai D 4. Maksimum nilai C tidak melebihi 2 mata kuliah dari jumlah ditetapkan oleh Program Studi 5. Telah menyelesaikan mata kuliah prasyarat bidang konsentrasi 6. Telah menyelesaikan mata kuliah bidang konsetrasi 7. Telah menyelesaikan Tesis
Sertifikat Akreditasi
LEAFLET S3 ILMU MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNSRI
Translate »
Need Help? Chat with us
Start a Conversation
Hi! Click one of our member below to chat on WhatsApp