PPAK

Pendidikan Profesional Akuntan

PPAK

 

Perubahan ekonomi dunia yang sudah globalisasi serta didukung oleh revolusi Industri Generasi 4.0, mengakibatkan pertumbuhan ekonomi digital dan berpengaruh terhadap pasar tenaga kerja. Universitas Sriwijaya sebagai salah satu perguruan tinggi berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidikan. Kebutuhan tersebut direspon dengan meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis riset.  Visi Universitas Sriwijaya adalah “menjadi Perguruan Tinggi yang terkemuka dan berbasis riset yang unggul di berbagai bidang ilmu, teknologi dan seni tahun 2025”.

Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya juga merespon terhadap perubahan dunia global dengan keterbukaan informasi dan digitalisasi.  Visi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (FE UNSRI) adalah menjadi Fakultas Ekonomi yang terkemuka di kawasan ASEAN pada dasawarsa kedua abad ke-21 (Rencana Strategis FE UNSRI, 2016-2020). Begitu juga dengan Program Studi Akuntansi S1 yang menyatakan visi “Menjadi salah satu program studi akuntansi yang bereputasi di kawasan ASEAN pada dasawarsa kedua abad ke-21”.

Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Program PPAk)  pada Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya adalah salah satu program profesi Akuntan di Sumatera Selatan yang berdiri berdasarkan pada No. SK Pendirian 937/D/T/2006. Dalam perumusan Visi, Misi dan Tujuan Program Pendidikan Profesi Akuntansi berdasarkan pada:

1.       Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

2.       Undang-undang Nomor 153 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Program Profesi Akuntan.

3.       Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1954 tentang Pemakaian gelar “Akuntan” (Accountant) (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1954 Nomor 103, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 705).

4.       Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 25/PMK.01/2014 Tentang Akuntan Beregister Negara.

5.       Perjanjian Kerjasama Memorandum of Understanding (MOU) dengan Pendidikan Tinggi (DIKTI) pada tanggal 22 Nopember 2013, Nomor 10/KB/3/XI/2013 dan Nomor  013/MOU/IAI/X1/2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntan.

6.        Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya tahun 2016-2020.  Renstra FE-UNSRI 2016-2020 dan tata nilai yang tercantum dalam dokumen etika akademik (SK Rektor Nomor:152a/H9/DT/2009) serta kebijakan akademik (SK Rektor Nomor: 097/H9/DT.Kep/2009) yang dianut dalam lingkungan universitas Sriwijaya.

7.       ASEAN Mutual Recognition Arrangement on Accountancy Services pada tahun 2014

Visi dan Misi yang disusun dibahas dengan melibatkan pihak internal yang terdiri dari pimpinan Universitas, pimpinan Fakultas, Jurusan Akuntansi dan semua dosen Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Program PPAk) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Selain itu, pembahasan juga dilakukan dengan melibatkan pihak eksternal yang terdiri dari praktisi, alumni dari Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Program PPAk), dan pengguna alumni Program PPAk. Visi dan Misi Program Pendidikan Profesi Akuntansi mengacu dari Visi dan Misi Universitas Sriwijaya, Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya dan Jurusan Akuntansi S1. Perumusan visi dan misi dilakukan dengan beberapa tahapan. Tabel berikut ini menjelaskan tahapan penyusunan visi dan misi Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Program PPAk) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (FE UNSRI) Tabel 1.1. berikut ini:

Tabel 1.1. Tahapan Penyusunan Visi dan Misi Program PPAk

 

No. Tahapan Waktu Pihak Terlibat Kegiatan Output
1 Rapat Internal Desember 2014 Ketua dan Sekretaris Jurusan Akuntansi S1,

Koordinator Program PPAk, dan dosen

Mengumpulkan semua aturan dan dokumen pendukung untuk penyusunan Visi dan Misi. Rancangan Visi dan Misi
2 Rapat Penyusunan Visi dan Misi Program PPAk FE Unsri Januari 2015 Pimpinan Universitas,

& Fakultas, Ketua & Sekretaris Jurusan Akuntansi S1,

Koordinator Program PPAk, & dosen.

Mendiskusikan rancangan visi dan misi Masukan terhadap rancangan Visi dan Misi
3 Workshop Penyusunan Visi dan Misi Program PPAk FE Unsri Januari 2015 Pimpinan Fakultas, Ketua & Sekretaris Jurusan Akuntansi S1, Users, Alumni dan Dosen Program PPAk Menerima kritik dan saran tentang visi dan misi Saran dan Kritik terkait Visi dan Misi
4 Rapat Pembahasan Visi dan Misi Program PPAk FE Unsri Februari  2015 Ketua dan Sekretaris Jurusan Akuntansi S1,

Koordinator Program PPAk, dan dosen.

Merumuskan visi dan misi sesuai dengan saran yang ada Visi dan Misi Program PPAk FE Unsri
5 Rapat  Penetapan Visi dan Misi Program PPAk FE Unsri Maret 2015 Pimpinan Fakultas, Ketua dan Sekretaris Jurusan Akuntansi S1,

Koordinator Program PPAk, dosen dan senat.

Menetapkan visi dan misi SK Dekan tentang Visi dan Misi Program PPAk FE Unsri
6 Sosialisasi Visi dan Misi Program PPAk FE Unsri Mahasiswa, Dosen, Alumni, tenaga kependidikan Mensosialisasikan visi dan misi Hasil Survey
Status Prodi : Aktif
Perguruan Tinggi : Universitas Sriwijaya
Kode Program Studi : 62901
Nama Program Studi : Profesi Akuntan
Tanggal Berdiri : 17 Maret 2006
SK Penyelenggaraan : 2835/D/T/K-N/2010
Tanggal SK : 2010-07-05
Rasio Dosen : Mahasiswa :

Alamat : Jl. Srijaya Negara Bukit Besar Palembang
Kode Pos : 30139
Telepon : 0711-320241
Faximile :
Email : ppakfeunsri@yahoo.com
Website : www.fe.unsri.ac.id

Gelar Lulusan :
Deskripsi :
Visi : Menjadi Program Pendidikan Profesi Akuntansi yang Unggul pada dasawarsa kedua Abad ke 21.

Pernyataan visi mengilustrasikan harapan masa depan Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Program PPAk) sebagai perwujudan dari usaha, pengalaman dan tindakan menjadi Program Pendidikan Profesi Akuntansi yang Unggul.

(1) Unggul berarti Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Program PPAk) melakukan proses belajar mengajar yang terencana yang didukung oleh dosen yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai, yang mendukung proses belajar mengajar sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Mengingat Program PPAk Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya merupakan Program PPAk satu-satunya di Sumatera bagian Selatan.

    1. Dosen berkualitas adalah dosen yang yang didukung dengan jenjang pendidikan dan kompetensi sesuai dengan kualifikasi pada Program Pendidikan Profesi Akuntansi (Program PPAk).
    2. Sarana dan prasarana yang memadai adalah tersedianya ruang kelas yang nyaman, LCD di setiap ruangan, ruang baca, Lab Tax Center, Lab Certified Public Accountant (CPA), ruang kesehatan dan tempat sholat.
    3. Lulusan yang berkualitas adalah lulusan yang memiliki kompetensi dalam menghadapi tantangan sebagai akuntan profesional.

(2) Jangka Waktu, yaitu pada dasawarsa kedua Abad ke 21 menunjukkan pencapaian dari Visi ini dilakukan secara bertahap. Jangka waktu ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pemantapan, dan tahap pengembangan. Jangka waktu dasawarsa kedua abad ke 21 berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk memantapkan dan mengembangkan dari input, proses dan output sumber daya yang ada di Program Pendidikan Profesi Akuntansi. Tahap pemantapan  dimulai dari tahun 2014-2018, dan tahap pengembangan dimulai dari tahun 2019-2023.

Misi :
  1. Menyelenggarakan Program Pendidikan Profesi Akuntansi yang menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing.
  2. Meningkatkan kerjasama dengan instansi dan stakeholder dalam rangka peningkatan kompetensi lulusan.
Tujuan :
  1. Menghasilkan lulusan yang beretika dan profesional.
  2. Meningkatkan kerjasama dengan pihak eksternal.
Sasaran :
  1. Menyelenggarakan Program PPAk yg berkualitas.
  2. Menghasilkan Akuntan profesional.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan pihak/institusi baik di dalam maupun diluar negeri.
Kompetensi Program Studi :
  1. menghasilkan tenaga akuntan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai akuntan indonesia ;.
  2. menghasilkan tenaga akuntan yang bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya;.
  3. menghasilkan tenaga akuntan yang mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi yang dimiliki sesuai bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat;
  4. menghasilkan tenaga akuntan yang menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta teknologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian yang ada di dalam kawasan keahliannya;
  5. menghasilkan tenaga akuntan yang menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap, dan bertindak sebagai praktisi
  6. menghasilkan tenaga akuntan yang mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan bidangnya;
  7. menghasilkan tenaga akuntan yang jujur, berdisiplin, dan menghargai pendapat orang lain.
Capaian Pembelajaran
No. Nama Dosen Gelar Pendidikan Ikatan Kerja
1 YULIA SAFTIANA Dr. M.Si Dra S3
2 KENCANA DEWI Master of Science M.Sc. Dra S2
3 UBAIDILLAH M.M. Drs S2
4 MUKHTARUDDIN M.Si S.E. S2
5 EMYLIA YUNIARTI M.Si S.E. S2
6 ACHMAD SOEDIRO M.Com S.E. S2
No. Semester Banyak
1 Ganjil 2019 12
2 Genap 2018 104
3 Genap 2018 104
4 Ganjil 2018 111
5 Ganjil 2015 36
6 Genap 2014 26
7 Ganjil 2014 21
8 Genap 2013 51
9 Ganjil 2013 54
10 Genap 2012 67
11 Ganjil 2012 60
12 Genap 2011 55
13 Ganjil 2011 35
14 Genap 2010 36
15 Ganjil 2010 29
16 Genap 2009 42
17 Ganjil 2009 68

sumber: https://forlap.ristekdikti.go.id/prodi/detail/QzlGNUIxOTYtREQ3RS00Nzg4LUE2RTgtNzI0MDQ2QTFDMzQ0/0