PELATIHAN PENGOLAHAN DATA STATISTIK UNTUK PENELITIAN & APLIKASI SPSS

Pelatihan Pengolahan Data Statistik Untuk Penelitian Menggunakan Aplikasi SPSS diselenggarakan atas kerjasama antara Laboratorium Kuantitatif dan Kualitatif bekerja sama dengan Laboratorium Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Tujuan utama pelatihan ini adalah agar peserta dapat menerapkan peralatan statistik untuk mengamati hubungan antar variabel dalam model, sehingga dapat dilakukan peramalan mengenai hubungan antar variabel tersebut untuk melatih dan mempertajam kemampuan menganalisa suatu model. 

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu, tanggal 20-21 Agustus 2021 dengan menggunakan media Zoom Online Meeting dan Live Youtube. Pelaksanaan pelatihan dibagi ke dalam dua bagian. Bagian pertama adalah bagaimana merumuskan masalah, menyusun state of the art dan topik rancangan penelitian. Materi selanjutnya yaitu perumusan model, hipotesis dan metode penelitian. Bagian kedua adalah penerapan aplikasi statistik dan interpretasi model parametrik dan non parametrik dengan menggunakan software pengolahan data SPSS. 

Penerima manfaat kegiatan ini adalah dosen dan mahasiswa khususnya mahasiswa Program Sarjana (S1) di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya sebanyak 177 orang. Namun pelatihan ini juga diikuti oleh mahasiswa strata 2 dan strata 3 sebanyak 30 mahasiswa. Narasumber pelatihan yaitu Dr. Shelfi Malinda, S. E, M.M., Dr. Imam Asngari, S.E, M.Si, Dr. E. Yusnaini, S.E, M.Si., Ak., Dr. Yuliani, S.E., M.M., Dr. Yunisvita, S.E., M.Si.

Dokumentasi Kegiatan :