STRUKTUR ORGANISASI

Dr. Ariodillah Hidayat, S.E.,M.Si

Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Komiditi Berjangka

Dr. Ariodillah Hidayat SE. M.Si saat ini menjabat sebagai Akademisi, Peneliti dan Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Berjangka Komoditi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Mengawali karir di Universitas Sriwijaya pada tahun 2002 sebagai dosen konsentrasi mata kuliah pengajaran Ekonomi Moneter Ekonomi Moneter, Kebijakan Moneter dalam Pembangunan, Bank Sentral dan Moneter Internasional yang juga banyak terlibat dalam penelitian terkait Ekonomi Moneter, Ekonomi Industri, Perbankan , Lembaga Keuangan Mikro, Kewirausahaan dan Pasar Modal dan komoditas berjangka.
Selain mengabdi di Universitas Sriwijaya, Ariodillah Hidayat juga pernah ditugaskan di instansi pemerintah pusat dan daerah yaitu sebagai Pakar/Akademisi di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Indonesia pada kegiatan Pencucian Uang Indonesia dan Persepsi Publik Teroris Kegiatan Indeks, Peringkat Integritas Keuangan pada Pencucian Uang dan Teroris. Pembiayaan, Penilaian Risiko Nasional FATF dan Indeks Efektivitas PPATK sejak 2015 hingga sekarang; Tenaga Ahli Keuangan Mikro Kementerian Pelayanan Publik RI tentang Program P2KP, PNPM Mandiri Perkotaan dan Kota Tanpa Kumuh sejak 2006-2017; Narasumber program literasi Keuangan Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika 2021, serta pakar perencanaan pembangunan, investasi dan kegiatan audiovisual di berbagai Pemerintah Kabupaten Kota di Provinsi Sumatera Selatan.
Bapak Ariodillah Hidayat lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Jurusan Ekonomi Pembangunan pada tahun 1999, meraih gelar Magister Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya pada tahun 2004 dan menyelesaikan jenjang studi S3 pada Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Sriwijaya Universitas pada tahun 2023.

PROFIL LABORATORIUM

Laboratorium PMKB FE Unsri

Pendirian Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya (Lab PMKB FE Unsri) dimaksudkan untuk mengenalkan, dan memberikan akses manfaat dari Pasar Modal dan Produk Investasi pada Komoditi Berjangka. Program-program dan kegiatan yang dilakukan secara terpadu dan terarah seperti sosialisasi, seminar, pelatihan, workshop, kompetisi dan ujian standar profesi, Journal, pemagangan, Perdagangan Surat berharga dan Komoditi berjangka, pendampingan UMKM Go Public, dan Penerbitan Obligasi Pemerintah.

Visi

Menjadi Pusat Iptek Ungulan yang mampu memberikan Informasi, pembelajaran investasi dan bantuan teknis terkait Pasar Modal dan Komoditi Berjangka yang Berdaya Guna, Kompetitif dan Bersinergi bagi  Kemajuan Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Modern di Indonesia.

Misi

  1. Menyediakan Informasi, data dan sarana aplikasi kegiatan investasi di pasar modal dan komoditi berjangka secara Efektif dan Efisien.
  2. Melaksanakan aktifitas kajian, pelatihan, penelitian, permagangngan, dan bantuan teknis di bidang pasar modal dan komoditi berjangka yang kompetitif dan berdaya guna.
  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan partisipasi aktif civitas akademika, Industri dan pemangku kepentingan lainnya dalam lingkup regional, nasional dan global dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Ilmu pengetahuan

Perdagangan Saham, Obligasi, ETF dan komoditas berjangka

Berkerjasama dengan PT. Bursa Efek Indonesia, BRI Danrekasa Sekuritas dan PT. Rivan Financindo Berjangka sebagai mitra dalam melaksanakan Perdagangan surat-surat berharga dan komoditas berjangka.

Pendampingan UMKM Go Public

Berkerjasama dengan IDX Incubator dalam melakukan pendampingan penyiapan UMKM untuk memenuhi persyaratan Go Public guna memenuhi kebutuhan modal dan perluasan usaha.

Penerbitan Obligasi Pemerintah Daerah

Berkerjasama dengan PT. Bursa Efek Indonesia, BRI Danarekasa Sekuritas, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan sebagai mitra dalam Penerbitan Obligasi Pemerintah Daerah.

Pelatihan dan Sertifikasi Profesi Pasar Modal

Berkerjasama dengan The Indonesia Capital Market, (TICMI), LSPPMI dan LSP-PM sebagai mitra dalam melaksanakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi Profesi Pasar Modal

Penerbitan Jurnal

Memiliki jurnal yang terindeks Sinta dan Scopus guna menerbitkan artikel hasil penelitian dan pengetahuan yang diperoleh dari sains baik bagi Akademisi, Praktisi dan Mahasiswa.

Data Pasar modal dan Komoditi

Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka FE Unsri juga menyediakan fasilitas data Streaming dari Revinitif Eikon guna menunjang Keputusan Investasi, perdagangan dan penelitian terkait pasar modal dan pasar berjangka komoditi.

Mitra Laboratorium

Fasilitas Ruang Laboratorium