DONOR DARAH SRIWIJAYA DAN SEKOLAH PASAR MODAL (SPM) ON THE ROAD

Kerjasama KSPM, Laboratorium Pasar Modal FE Unsri, GI BEI FE Unsri, Palang Merah Indonesia Sumatera Selatan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang, Ilir Barat, Otoritas Jasa Keuangan, dan PT. BRI Danarekasa Sekuritas.

Pada hari Minggu, 18 Juni 2023 Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya telah melaksanakan kegiatan Donor Darah Sriwijaya dan Sekolah Pasar Modal (SPM) On The Road. Kegiatan ini diinisiasi oleh Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya yang di dukung oleh Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka Fakultas Ekonomi Unsri yang ditujukan kepada masyarakat umum dan mahasiswa dengan tujuan untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam menyediakan darah sekaligus mempromosikan kesadaran akan pentingnya donor darah demi kesehatan serta memberikan edukasi mengenai pasar modal kepada masyarakat. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Palembang, Ilir Barat.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/H2pCUV7NFz4UNABK7″ mode=”carousel”]

Acara Donor Darah Sriwijaya dan Sekolah Pasar Modal (SPM) On The Road ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumi Bapak Dr. Suhel, S.E.,

M.Si, dan Ariodillah Hidayat SE. M.Si Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Pengelola GI BEI Unsri, serta dihadiri oleh pejabat dari Kantor Wilayah DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Ibu Martini, S.H., M.M. selaku kepala seksi pengawasan V. Wahyu Kresnanto yang merupakan Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kantor Regional 7 Sumbagsel dan dari Bank Rakyat Indonesia Sekuritas (BRIDS) yaitu Tri Rizki Brama yang  merupakan Accounting Edanecutive BRI Dana Reksa Sekuritas.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/juaWpdBewRNE4VJ1A” mode=”carousel”]

Dalam menyelenggarakan kegiatan Donor Darah Sriwijaya dan Sekolah Pasar Modal (SPM) On The Road, Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya bermitra dengan Palang Merah Indonesia. Dimana pihak Palang Merah Indonesia bertugas membantu dalam melakukan cek kesehatan dan pengambilan darah, sekaligus dalam melakukan sosialisasi mengenai pentingnya donor darah untuk menjaga kesehatan dan membantu orang yang membutuhkan darah. Selain itu dalam acara Donor Darah Sriwijaya dan Sekolah Pasar Modal (SPM) On The Road, Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya juga bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Rakyat Indonesia Sekuritas (BRIDS) dalam memberikan edukasi mengenai pasar modal yang dikemas dengan talkshow tentang judi online, investasi bodong, dan investasi pasar modal kepada peserta kegiatan.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/sRBWyhmcmw6Fm1kB6″ mode=”carousel”]

Acara Donor Darah Sriwijaya dan Sekolah Pasar Modal (SPM) On The Road  ini berlangsung dengan meriah dan dibuka dengan pelaksanaan senam jantung sehat bersama-sama, dan kemudian acara tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan donor darah sekaligus dibersamai oleh kegiatan talkshow mengenai pasar modal. Dalam acara ini Komunitas Studi Pasar Modal mengundang Dr. Hj. Erly Yani, M.M., M.Si. yang merupakan ketua Palang Merah Indonesia untuk memberikan kata sambutan sekaligus memberikan sosialisasi mengenai pentingnya melakukan donor darah. Selain itu Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) juga mengundang narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Wahyu Kresnanto yang merupakan Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kantor Regional 7 Sumbagsel dan dari Bank Rakyat Indonesia Sekuritas (BRIDS) yaitu Tri Rizki Brama yang  merupakan Accounting Edanecutive BRI Dana Reksa Sekuritas.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/NKXcpsi2KkF8Gy486″ mode=”carousel”]

Dalam acara ini Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) juga menyediakan 36 doorprize, dimana panitia memberikan kupon undian kepada seluruh peserta kegiatan yang kemudian di undi sebanyak 36 kali.  Selain itu para pendonor diberikan sembako berupa beras, gula, dan minyak serta diberikan bingkisan berupa tumbler. Pendonor juga menerima bingkisan dari Palang Merah Indonesia. Selain itu juga diadakan sesi kuis dan tanya jawab lalu akan diberikan hadiah bagi peserta yang menjawab pertanyaan dengan benar. Pendaftar donor darah pada kegiatan Donor Darah Sriwijaya dan Sekolah Pasar Modal (SPM) On The Road mencapai 181 pendaftar dan berhasil mengumpulkan 98 kantong darah. Kegiatan ini berlangsung dengan sangat ramai hingga mencapai 833 pengunjung. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menciptakan dampak positif yang meluas. Selain memberikan manfaat sosial melalui donor darah, juga diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan kesadaran akan pasar modal sebagai alternatif pengelolaan keuangan yang potensial. Para peserta juga akan diberikan materi dan informasi yang bermanfaat serta kesempatan untuk berinteraksi dengan anggota KSPM dan narasumber guna mendapatkan penjelasan lebih lanjut atau konsultasi terkait pasar modal. “Donor Darah Sriwijaya dan SPM on the Road” bukan hanya sebuah kegiatan aksi sosial, tetapi juga merupakan upaya untuk memperkuat hubungan antara universitas dan