KSPM GOES TO SCHOOL

Kerjasama KSPM, Laboratorium Pasar Modal FE Unsri, GI Bursa Efek Indonesia (BEI) FE Unsri,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KR 7  dan BEI Perwakilan Sumatera Selatan.

Pada hari Kamis, 10 Agustus 2023, Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya telah melaksanakan kegiatan “KSPM Goes to School”. Kegiatan ini merupakan bentuk program edukasi yang dilaksanakan dengan mengunjungi SMA guna memberikan pengetahuan kepada pelajar mengenai investasi di pasar modal. Kegiatan ini dilaksanakan       secara offline bertempat di SMA Negeri 17 Palembang. Adapun Narasumber dalam program edukasi ini yaitu Bapak Wahyu Kresnanto (Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kantor Regional 7 Sumbagsel) dan Ibu Sundari Ningsih (Capital Market Consultant Representative Bursa Efek Indonesia   Kantor Perwakilan Sumatera Selatan). Pembukaan acara diawali oleh kata sambutan yang dilakukan oleh Ibu Dra. Hj. Purwiatuti Kusumastiwi MM selaku Kepala Sekolah SMAN !7 Palembang.

Dalam acara KSPM Goes to School, Narasumber memberikan informasi dan pengetahuan seputar investasi dan trading pada instrumen pasar modal serta pengenalan bagaimana berinvestasi yang aman dan terhindar dari modus penipuan yang marak terjadi. Selain itu, dalam acara ini juga diberikan edukasi cara pengelolaan uang serta cara asik dalam memahami pasar modal.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Wahyu Kresnanto meliputi:

  • Ciri-ciri & Modus Investasi Ilegal
  • Perbedaan Pinjaman Online Ilegal dan Fintech Pendanaan Bersama
  • Modus Sniffing

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/4WBnqhSvx4h8f2fG6″ mode=”carousel”]

Materi yang disampaikan oleh Ibu Sundari Ningsih meliputi:

  • Pentingnya berinvestasi
  • Cara untuk berinvestasi

Struktur Pasar Modal

  • Pemahaman mengenai 3P (Paham-Punya-Pantau)

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/ybWNyuzJ258e1mqc9″ mode=”carousel”]

Dalam sosialisasi ini juga dilakukan sesi tanya jawab oleh peserta program edukasi. Para pelajar sangat antusias dalam mengikuti sesi tanya jawab, mengindikasikan bahwa mereka sangat tertarik dengan investasi di pasar modal. Acara ini diharapkan mampu mendorong minat pelajar di Kota Palembang dalam  memanfaatkan pasar modal sebagai sarana berinvestasi yang aman.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/MJ3cSSvSAjwcb5ju6″ mode=”carousel”]