Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsri Mengikuti Kegiatan Virtual Plant Tour di Pabrik Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI)

Pada hari Senin, tanggal 01 Maret 2021, sekitar 150 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya mengikuti kegiatan Virtual Plant Tour di Pabrik Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI), bekerjasama dengan PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI) dan Tribun Lampung.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Sriwijaya, yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ekonomi Unsri, Prof. Dr. Mohamad Adam, SE, ME, dan Corporate Affairs Regional Manager West Indonesia PT Coca Cola Amatil Indonesia (CCAI), Yayan Sopian.

Virtual Plant Tour adalah sebuah inisiatif program untuk mendukung semangat belajar kuliah merdeka, dan hal ini merupakan pertama kali diadakan oleh PT CCAI di Universitas Sriwijaya, dengan harapan dapat membukakan pengetahuan baru para peserta terkait proses bisnis dan produksi yang dilakukan oleh dunia usaha saat ini. Salah satunya adalah proses bisnis dan produksi Pabrik CCAI Lampung.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Prof. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.E. dalam sambutannya menyatakan bahwa pengembangan kurikulum pembelajaran sesuai dengan kurikulum nasional dan kurikulum merdeka belajar saat ini didorong untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri, dunia usaha, dan dunia kerja (iduka). Sesuai dengan kurikulum merdeka belajar, mahasiswa didorong dapat lebih aktif dalam mendapatkan pengalaman di luar kampus, berupa pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, serta membangun desa/KKN Tematik. Mahasiswa juga didorong meraih prestasi, baik prestasi tingkat nasional maupun internasional.

Dengan adanya kegiatan virtual plant tour kerjasama antara Coca Cola Amatil Indonesia-Southern Sumatera Operation, Tribun Lampung, dan Universitas Sriwijaya, diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam rencana pengembangan pembelajaran bersama dengan Coca Cola Amatil Indonesia, serta dapat bersinergi dalam mewujudkan program merdeka belajar kampus merdeka.

Ketua Tim Kerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Dr. Muhammad Ichsan Hadjri, M.M. berharap kolaborasi antara Unsri, khususnya Fakultas Ekonomi Unsri dan PT Coca Cola Amatil Indonesia dapat segera terwujud dengan adanya Memorandum of Understanding dan Memorandum of Agreement. Ia menyatakan yakin dan percaya, banyak sekali kegiatan yang dapat  disinergikan bersama sebagai wujud untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi serta mewujudkan Indonesia maju melalui SDM yang unggul dan handal.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/ECHXcgcooUMzdbG5A” mode=”carousel”]