Pelatihan Pengelolaan Keuangan: Cerdas dan Aman Berinvestasi di Era Disrupsi Digital 4.0

18 September 2021

Investasi sangat penting dalam perekonomian suatu negara termasuk indonesi guna meningkatkan lapangan pekerjaan, meningkatkan produksi barang dan jasa yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada waktu sebelumnya umumnya, investasi sebelum revolusi industri 4.0 hanya berputar pada jenis investasi bermodal besar. seperti investasi properti, investasi emas, investasi saham, dan investasi tanah. Beberapa investasi itu menitik beratkan pada sebuah produk yang dihasilkan. Oleh sebab itu, hanya golongan masyarakat tertentu yang mampu untuk beinvestasi, sehingga investasi dianggap sebagai suatu kemewahan. Namun, jaman mulai berubah dan jenis-jenis investasi yang lebih terjangkau terus tumbuh. Hal ini terjadi akibat kemajuan teknologi digital dimana berinvestasi di era revolusi industri 4.0 menjadi cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa modal besar. Selain itu, kanal digital memungkinkan investor lebih mudah mengatur portofolionya, lebih praktis dan ekonomis.

Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka/ Galeri BEI Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, pada hari Sabtu, 18 September 2021 telah melaksanakan kegiatan dengan tema Pelatihan Pengelolaan Keuangan: Cerdas dan Aman Berinvestasi di Era Disrupsi Digital 4.0 secara daring melalui aplikasi Zoom. Dr. Azwardi, SE., M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik memberikan kata sambutan dan membuka acara webinar nasional. Pada pidato pembukaannya, beliau mengatakan bahwa adanya peningkatan investasi dalam perekonomian di Indonesia saat ini. Berdasarkan data dari Pasar Modal Indonesia pada tahun 2021 jumlah investor Indonesia didominasi oleh usia 30 tahun kebawah sebanyak 57,40%. sehingga bisa dikatakan bahwa generasi milenial, Y dan Z berperan besar dalam investasi di Indonesia pada saat ini. Beliau juga melaporkan bahwa peserta yang hadir dalam kegiatan ini lebih dari 500 peserta yang terdiri dari Dosen Fakultas Ekonomi dan Civitas akademika Universitas Sriwijaya lainnya, Mahasiswa D3, S1, S2 dan S3 Jurusan Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan fakultas lainnya di Universita Sriwijaya.

Beberapa pakar dihadirkan sebagai pembicara dalam seminar nasional ini seperti Ibu Andes Novytasary (Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan OJK KR 7 Sumbagsel) dan Bapak Safir Senduk, CFP (Master Financial Planer). Para pembicara ini menyajikan beberapa materi untuk memberikan pemahaman yang komprehensif terkait pengelolaan keuangan dan keamanan dalam berinvestasi baik di pasar modal, pasar komoditi maupun lembaga keuangan lainnya, yang dipandu oleh moderator Ibu Dr. Yuliani SE., MM., CFP.,QWP., AEPP, Dosen Fakultas Ekonomi UNSRI. Pemaparan materi dimulai dengan “Investasi Aman dan Legal” oleh Ibu Andes Novytasary. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan mengenai produk-produk investasi, upaya perlindungan konsumen, dan tips berinvestasi serta bagaimana menghindari investasi illegal. Pemaparan selanjutnya oleh Bapak Safir Senduk, CFP yang menyampaikan tentang pengelolaan keuangan yang dilihat dari cash flow. Pengelolaan keuangan yang baik harus disisihkan melalui berinvestasi bisa melalui investasi bisa emas, obligasi, saham, dan investasi lainnya.

Contact Detail:

Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka FE Unsri

Jl. Srijaya Negara, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia

Media & Surat Khabar Diliput :

Trik Berinvestasi di Era Disrupsi Digital 4.0

Sumsel.Tribunnews