“Edukasi Peluang dan Resiko di Perdagangan Berjangka Komoditi ”

Capital, Commodity and Financial Market Literacy Training Series Batch 3 2021

“Edukasi Peluang dan Resiko di Perdagangan Berjangka Komoditi ”

Kerjasama Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka

Fakultas Ekonomi Unsri

dengan

PT. Rifan Financindo Berjangka Palembang

di Dukung Oleh

Jurusan Manajemen

Jurusan Ekonomi Pembangunan

Jurusan Akuntasi

Komunitas Studi Pasar Modal FE Unsri

Penyebarluasan informasi,dan akses tentang Pasar Komoditi di Indonesia dinilai sangat berperan penting bagi ilmu pengetahuan dan perekonomian Indonesia. Kegiatan pasar Komoditii di Indonesia sudah ada sejak jaman kuno dimana transaksi Komoditi sudah berlangsung baik secara domestik ataupun lintas negara. Pasar Komoditi adalah suatu tempat pertemuan atau pasar antara permintaan dan penawaran Komoditi/barang. Ini merupakan pasar yang memperjualbelikan barang yang laku di pasaran dunia internasional.

Beberapa Komoditi yang diperjualbelikan di pasar ini adalah hasil pertanian, pertambangan, kehutanan, industri, serta jasa yang sudah memiliki standar internasional dimana yang menjadi kegiatan utama dari pasar Komoditi adalah terjadinya transaksi Komoditi/barang diperjualbelikan. Perdagangan di pasar ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu perdagangan fisik (physical trading) yang bersifat efektif dan perdagangan berjangka (future trading) yang bersifat spekulatif.

Terdapat manfaat dari pasar Komoditi bagi berbagai pihak yaitu bagi penjual (produsen) adalah mempermudah pemasaran atau penjualan barang mereka. Bagi pembeli, mempermudah mereka untuk mendapatkan Komoditi/barang yang diinginkan dengan kualitas terjamin dan Bagi pemerintah, adanya pasar ini bisa memberikan tambahan devisa. Dengan adanya devisa tersebut maka akan mempermudah pemerintah untuk melakukan berbagai transaksi internasional yang bisa meningkatkan pendapatan nasional.

Manfaat lain dari perdagangan berjangka komoditi adalah memberikan kemudahan dalam kegiatan melakukan pengalihan risiko (hedging) dalam rangka pengelolaan resiko pada dampak yang disebabkan oleh fluktuasi harga pada komoditi tertentu. Selain itu, perdagangan berjangka komoditi juga bermanfaat untuk pembentukan harga yang efisien karena bersifat transparan dan wajar, yang mencerminkan kondisi pasokan dan permintaan yang sebenarnya dari komoditi yang diperdagangkan. Harga yang terjadi di bursa umumnya dijadikan sebagai harga acuan (reference price) oleh dunia usaha. Dan kontrak berjangka merupakan salah satu instrumen skema pasar di mana peranan pemerintah dapat dikurangi atau dihilangkan.

Dipandang dari sisi ilmu pengetahuan tentunya kondisi diatas dapat menjadi kajian yang sangat menarik guna mengembangkan ilmu pengetahuan yang dapat membantu akademisi menganalisis manfaat, dampak dan konsep-konsep lainya terkait Komoditi berjangka.

Dengan melihat besarnya manfaat pasar Komoditi Berjangka bagi perekonomian dan ilmu pengetahuan, Laboratorium Pasar Komoditi Berjangka dan Komoditi Berjangka Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya bermaksud mengadakan kegiatan “Edukasi Peluang dan Resiko di Perdagangan Berjangka Komoditi” yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Capital, Commodity and Financial Market literacy Training Series 2021, bagi Dosen Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsri dan masyarakat umum guna mampu memahami, memanfaatkan dan bertransaksi dengan benar di Pasar Komoditi Berjangka Indonesia.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah lebih dari 285 peserta yang terdiri dari Dosen Fakultas Ekonomi dan Civitas akademika Universitas Sriwijaya lainnya, Mahasiswa D3, S1, S2 dan S3 Jurusan Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan fakultas lainnya di Universita Sriwijaya dan umum. Pelatihan ini diharapkan dapat membangun pemahaman bagi peserta terkait Pasar Komoditi Berjangka agar dapat memanfaatkannya baik dalam Transaksi, investasi, kajian keilmuan, dan dunia kerja.

Palembang, 2 November 2021

Dekan Fakultas Ekonomi UNSRI

Dokumentasi Acara :

Virtual Online ( ZOOM) :

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/kdNWiVywBiNqPLV28″ mode=”carousel”]

Berita : SUMSELMERDEKA