Pelaksanaan Yudisium Ke-165 FE Unsri

Pada hari selasa tanggal 21 Maret 2023 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya menyelenggarakan Yudisium ke 165 di Gedung Aula Fakultas Ekonomi Unsri kampus Indralaya dengan tema Membangun Generasi yang Berkompetensi dan Berintegritas Dalam Menghadapi Persaingan Dunia. Pada pelaksanaan yudisium periode ini Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.E., CFP®., QWP., CWM®meyudisium dan melepas sebanyak 92 alumni.

Para alumni yang di yudisium pada periode ini dengan rincian sebanyak 38 orang yang terdiri dari Program Studi S1 Kampus Indralaya yaitu 5 orang Program Studi Manajemen, 11 orang Program Studi Ekonomi Pembangunan, dan 22 orang Program Studi Akuntansi.  Alumni dari Kampus Palembang sebanyak 54 orang yaitu Program Studi S1 Manajemen asal SMU 10 orang, Program Studi S1 Akuntansi asal SMU 14 orang, Program Studi  S1 Ekonomi Pembangunan 6 orang, Program Studi S1 Manajemen asal Diploma 2 orang, Program Studi S1 Akuntansi asal Diploma 12 orang, Program studi Diploma III Kesekretariatan 2 orang,  Program Studi Diploma III Akuntansi 2 orang, Program Studi PPAK 2 orang dan untuk Program Pascasarjana S2 dan S3 Kampus Palembang sebanyak 4 orang yang terdiri dari 1 orang Program Pascasarjana Magister Manajemen, 2 orang Program Pascasarjana S2 Ilmu Ekonomi dan 1 Orang Program Doktor S3 Ilmu Ekonomi.

Dekan Fakultas Ekonomi Unsri Prof. Dr. Mohamad Adam, S.E., M.E., CFP®., QWP., CWM®dalam sambutannya mengatakan bahwa walaupun keadaan kita masih dalam suasana pasca covid 19, pelaksanaan yudisium dan pelepasan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya ini merupakan peristiwa yang menunjukkan berakhirnya tugas pendidikan secara formal kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya dalam mengembangkan potensi mahasiswa menjadi insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Yudisium ini merupakan sebagai syarat kelulusan pada program studi yang ditetapkan dalam pedoman akademik Fakultas Ekonomi Unsri oleh karena itu Dekan Fakultas Ekonomi juga  merasa bangga dan bahagia atas keberhasilan para alumni yang telah lulus dari Fakultas Ekonomi Unsri, kedepannya dapat menjadi orang yang baik dan berguna dalam masyarakat menjadi generasi yang berpotensi dan berkualitas.  Sehubungan dengan tema kita adalah Membangun Generasi yang Berkompetisi dan Berkualitas Dalam Menghadapi Persaingan Dunia, beliau mengatakan dalam bacaan ada istilah Cashflow Quadrant dari Robert Toru Kiyosaki yang menjelaskan tentang empat jenis orang yang berbeda dalam menghadapi persaingan bisnis di dunia saat ini, yaitu pertama Quadrant E  (employee) karyawan bekerja untuk orang lain. Quadrant S (self employed) memiliki bisnis kecil yang dijalankan sendiri dan menjadi bos bagi diri sendiri. Quadrant B (businessman) seorang memiliki bisnis besar yang membuat sistem untuk membuat uang bukan bekerja untuk menghasilkan uang dan terakhir Quadrant I (investor) yaitu seseorang yang menginvestasikan atau menanamkan uang pada suatu bidang yang menghasilkan pemasukan lebih besar. “Kiyosaki mengajak kita semua, orang -orang untuk berpindah dari quadrant kiri aktif income E dan S menuju quadrant kanan passive income B dan I, yaitu businessman dan investor,” Ujarnya.

Pelaksanaan yudisium periode ke 165 ini di hadiri oleh ketua dan wakil ketua serta seluruh anggota senat Fakultas Ekonomi, kepala Labkom, Koordinator Program studi, para guru besar, dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Ekonomi dan hadir juga tamu dari Universitas Sriwijaya yaitu Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc, dalam pidatonya beliau berpesan bahwa mengharapkan para alumni baru dapat mengembangkan keilmuannya dan kepakarannya yang sudah didapat selama kuliah baik yang berupa materi-materi ataupun praktek-praktek di bidang ekonomi juga  pengetahuan yang didapat dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas atau kompetensi lulusan. Katanya,”(Si).

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/3QNtrV5vcxy2Gkw1A” mode=”carousel”]