Graphic Design Class (GDC)

dengan tema:

“Increasing Design Creativity In Financial Literacy For Gen Z”

Kerjasama KSPM, Laboratorium Pasar Modal FE Unsri, GI Bursa Efek Indonesia (BEI) FE Unsri, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) KR7.

Pada hari Selasa, 05 September 2023 Komunitas Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya telah melaksanakan kegiatan “Graphic Design Class (GDC)” dengan tema “Increasing Design Creativity In Financial Literacy For Gen Z”. Pada kegiatan ini KSPM Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya melakukan seminar mengenai literasi keuangan dan juga pelatihan design grafis dengan menggunakan aplikasi adobe photoshop bertempat di Aula D3 Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

            Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa/i dengan memberikan pengalaman belajar yang menarik, meningkatkan edukasi dan pemahaman mengelola keuangan, menambah kemampuan dan wawasan dalam dunia desain, serta menjadi ajang memperkenalkan dunia pasar modal bagi anak-anak SMA/SMK se-Palembang. Kegiatan ini juga diisi dengan praktek photoshop dengan menggunakan memanfaatkan materi literasi keuangan sebagai bahan editing. Generasi Z telah terbiasa dengan berbagai bentuk media digital dan multimedia. Sebagai generasi yang tumbuh dengan teknologi, mereka juga merupakan generasi yang paling sering terlibat dalam pengambilan keputusan keuangan dan pengelolaan uang. Namun, banyak millenial yang masih belum mengerti tentang literasi keuangan dan pengelolaan uang yang efektif. Media sosial dan teknologi berdampak pada bagaimana generasi millenial memahami keuangan di era digital ini. Generasi millenial sering dipengaruhi oleh gaya hidup konsumeris,yang menyulitkan mereka untuk mengelola uang secara efektif. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas dalam menghadirkan cara-cara menarik dan sederhana untuk menjelaskan nilai literasi keuangan dan cara mengelola keuangan seseorang kepada generasi millenial. 

Kegiatan Graphic Design Class ini diharapkan menjadi salah satu ajang untuk meningkatkan kemampuan dalam hal editing. Selain menjadi insan yang dapat berorganisasi yang baik, diharapkan seluruh anggota KSPM juga bisa menjadi insan yang menguasai softskill terutama dalam desain. Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk Pelatihan dengan mengundang Narasumber yang ahli di dalam bidang pasar modal. Acara selanjutnya yaitu praktik dan lomba desain poster, sebagai bentuk partisipasi aktif peserta dengan materi literasi keuangan sebagai bahan poster. Pemenang lomba akan diberikan sertifikat dan hadiah sebagai apresiasi untuk pemenang.

Pembukaan acara diawali oleh kata sambutan yang dilakukan oleh Bapak Dr. Ariodillah Hidayat, S.E., M.Si selaku Kepala Laboratorium Pasar Modal dan Komoditi Berjangka Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, yang mewakili Dekan Fakultas Ekonomi Unsri.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/sPD2d7S7KVcPgLY39″ mode=”carousel”]

Pemberian materi mengenai literasi keuangan oleh Narasumber yaitu Bapak Wahyu Kresnanto selaku analis edukasi dan perlindungan konsumen OJK kantor regional 7 Sumbagsel, dan pemberian pelatihan design oleh Tim Multimedia Universitas Sriwijaya yaitu Muhammad Haikal. Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan akan membantu meningkatkan pengetahuan pelajar mengenai literasi keuangan dan juga meningkatkan skill mereka dalam bidang design. Dalam sosialisasi ini juga dilakukan sesi tanya jawab, dimana para pelajar yang memberi pertanyaan diberikan hadiah berupa goodiebag Emina sebagai Sponshoship dalam kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pemberian plakat sertifikat dan juga sesi dokumentasi.

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/PDfTMvBAYPn62HM87″ mode=”carousel”]

[embed-google-photos-album link=”https://photos.app.goo.gl/adoRxrX9JB8ZZjSQ9″ mode=”carousel”]