STRUKTUR PIMPINAN

Welly Nailis, S.E., M.M.

Koordinator Prodi – Kesekretariatan

Staf Administrasi

Erwin

PROFIL

Kata Sambutan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga Prodi Kesekretariatan (D3) dapat memperbaiki konten pada website resmi ini. Kehadiran Website Prodi Kesekretariatan (D3) diharapkan dapat memudahkan penyampaian informasi secara terbuka kepada mahasiswa dan calon mahasiswa, alumni dan masyarakat serta instansi atau perusahaan lain yang terkait. 

 Semoga dengan kehadiran Website resmi ini akan terjalin informasi dan komunikasi sebagai salah satu upaya dalam mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah serta akurat dalam mengakses informasi terkait Program Studi Kesekretariatan (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. Informasi disampaikan dengan mengikuti perkembangan media teknologi pengetahuan yang berkembang dengan cepat pula, sehingga diharapkan dapat terjalin komunikasi yang dua arah.

Terima Kasih…

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

WELLY NAILIS, S.E., M.M.

KoordinatorProgram Studi Kesekretariatan (D3)

Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

IDENTITAS PROGRAM STUDI

1. Nama Perguruan Tinggi : Universitas Sriwijaya
2. Fakultas : Ekonomi
3. Program Studi : Kesekretariatan (D3)
4. Tanggal, Tahun Berdiri : 18 Maret 1975
5. Kode Dikti : 60201
6. Akreditasi : B (Keputusan BAN-PT No. 2216/SK/BAN-PT/Ak-PPI/Dipl-III/IV/2021
7. Jenjang Pendidikan : Diploma III (D3)
8. Gelar Lulusan : Ahli Madya (A.Md)
9. Bukti Kelulusan : Ijazah, Transkrip Nilai, SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)
10. Koordinator Program Studi : Welly Nailis, S.E., M.M.
: NIP 197407102008011011
1. Nama Perguruan Tinggi : Universitas Sriwijaya
2. Fakultas : Ekonomi
3. Program Studi : Kesekretariatan (D3)
4. Tanggal, Tahun Berdiri : 18 Maret 1975
5. Kode Dikti : 60201
6. Akreditasi : B (Keputusan BAN-PT No. 2216/SK/BAN-PT/Ak-PPI/Dipl-III/IV/2021
7. Jenjang Pendidikan : Diploma III (D3)
8. Gelar Lulusan : Ahli Madya (A.Md)
9. Bukti Kelulusan : Ijazah, Transkrip Nilai, SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)
10. Koordinator Program Studi : Welly Nailis, S.E., M.M.
: NIP 197407102008011011

Sejarah

Fakultas Ekonomi juga menyelenggarakan Program Diploma Tiga (D-III) sejak tahun 1983. Program ini merupakan hasil Perubahan Lembaga Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP). Adapun program pendidikan ahli ini merupakan Passing Out Akademi Administrasi Negara pada 1975.

Sampai saat ini Program Diploma Tiga (D-III) mempunyai Dua Program studi yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Kesekretariatan dengan 8 Konsentrasi (1) Akuntansi Keuangan Umum, (2) Akuntansi Perpajakan, (3) Akuntansi Syariah, (4) Akuntansi Keuangan Daerah, (5) Manajemen Keuangan, (6) Manajemen Pemasaran, (7) Manajemen Perbankan Syariah dan (8) Kesekretariatan

VISI

Menjadi Program Studi Kesekretariatan sebagai salah satu pusat pendidikan tinggi tingkat Ahli Madya yang mampu merespon kebutuhan organisasi khususnya di bidang administrasi perusahaan dan menyediakan tenaga kerja trampil, berkualitas dan siap kerja serta mampu bersaing di tingkat nasional

MISI

Misi Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan profesional di tingkat Ahli Madya dengan memberikan pengetahuan teoritis dan praktis.
  2. Mengembangkan ketrampilan mahasiswa di tingkat Ahli Madya yang mempunyai dedikasi, bermoral, berintegritas, berwawasan dan mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan global.
  3. Menyelenggarakan sistem pendidikan profesional di tingkat Ahli Madya agar menghasilkan lulusan siap pakai yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang administrasi perusahaan sesuai dengan kebutuhan pengguna (users).
  4. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan partisipasi aktif civitas akademika dan pemangku kepentingan.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya adalah:

  1. Menghasilkan Ahli Madya yang memiliki integritas kepribadian, berdaya saing, berjiwa Pancasila dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu administrasi perkantoran dan bisnis, memiliki budaya akademik yang tercermin dari sikap jujur, terbuka, disiplin, bertanggung jawab, dan menghargai pendapat orang lain;
  3. Mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan serta pelayanan yang profesional kepada masyarakat, mampu beradaptasi dan bekerja sama.
  4. Bergairah untuk mengikuti perkembangan pengetahuan dan ketrampilan teknologi di bidangnya yang berguna bagi pemerintah, dunia usaha, dan kesejahteraan masyarakat.

KURIKULUM

Bidang Kajian Utama

Berdasarkan visi, misi, tujuan dan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Kesekretariatan Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya yang telah dirumuskan, maka kurikulum yang dikembangkan Program Studi Kesekretariatan harus ditopang oleh sejumlah bahan kajian yang dapat mengantarkan pada pencapaian CPL. Bidang capaian pembelajaran yang telah ditetapkan (Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum dan Keterampilan Khusus) setiap bidang memerlukan bahan kajian atau kelompok pengetahuan dan teknologi yang sesuai.

Ada 4 kelompok pengetahuan dan analisis kebijakan yang disepakati untuk menjadi ciri Konsentrasi pada Program Studi Kesekretariatan. Kelompok Bidang Kajian Utama dimaksud adalah:

  1. Bidang Kajian Utama Kesekretarisan,
  2. Bidang Kajian Utama Manajemen Keuangan,
  3. Bidang Kajian Utama Manajemen Pemasaran,
  4. Bidang Kajian Utama Manajemen Perbankan Syariah

DOSEN DAN STAF KARYAWAN AKUNTANSI

No Nama Dosen Asal Dosen
1 Drs. H. Ahmad Widad, M.Sc. Manajemen
2 Drs. Yuliansyah M. Diah, M.M. Manajemen
3 Dr. Yuliani, S.E., M.M. Manajemen
4 Hj. Nofiawaty, S.E., M.M. Manajemen
5 H. Taufik, S.E., M.B.A. Manajemen
6 Isni Andriana, S.E., M.Fin., Ph.D. Manajemen
7 Dr. Aslamia Rosa, S.E., M.Si. Manajemen
8 Welly Nailis, S.E., M.M. Manajemen
9 Dr. Shelfi Malinda, S.E., M.M. Manajemen
10 Dr. Kemas M .Husni Thamrin, S.E., M.M. Manajemen
11 Dr. Mu’izzuddin, S.E., M.M. Manajemen
12 Yulia Hamdaini Putri, S.E., M.Si. Manajemen
13 Dr. M. Ichsan Hadjri, S.T., M.M. Manajemen
14 Dr. Ahmad Maulana, S.E., M.M. Manajemen
15 Agung Putra Raneo, S.E., M.Si. Manajemen
16 Dr. Ir. Yos Karimuddin, MM Manajemen
17 Wita Farla WK, S.E., M.M. Manajemen
18 Dessy Yunita, S.E., M.M., M.B.A. Manajemen
19 Fida Muthia, S.E., M.Sc. Manajemen
20 Hera Febria Mavilinda, SE, M.Si Manajemen
21 Lina Dameria Siregar, SE, M.M. Manajemen
22 Nyimas Dewi Murnila Saputri, S.E., M.S.M. Manajemen
23 Parama Santati, S.E., M.Kom. Manajemen
24 Dra. Hj. Suhartini Karim, M.M. Manajemen
25 Drs. H. Islahuddin Daud, M.M. Manajemen
26 M. Eko Fitrianto, S.E., M.Si. Manajemen
27 Iisnawati, S.E., M.Si. Manajemen
28 Mellisa Ariana Putri, S.E., S.H., M.M. Manajemen
29 Nia Meitisari, S.E., M.Si. Manajemen
30 Poni Fitria Ramadhani, S.E., M.Si. Manajemen
31 Muhammad Azmi, SE., M.Si. Manajemen
32 Philein Hafidz Al Kautsar, S.T. M.S.M. Manajemen
33 Dr. Mukhlis, S.E., M.Si. Ekonomi Pembangunan
34 Dr. Sukanto, S.E., M.Si. Ekonomi Pembangunan
35 Deasy Apriani, S.E., M.Si Ekonomi Pembangunan
36 Dr. Anna Yulianita, S.E., M.Si Ekonomi Pembangunan
37 Fenny Marissa, S.E., M.Si Ekonomi Pembangunan
38 Ariodillah Hidayat, S.E., M.Si. Ekonomi Pembangunan
39 Hamira, S.E., M.Si Ekonomi Pembangunan
40 Ichsan Hamidi, S.H.I., M.Si. Ekonomi Pembangunan
41 Ermadiani, S.E., M.M., Ak., C.A. Akuntansi
42 Sri Maryati, S.E., M.Sc. Akuntansi
43 Abu Kosim, SE, MM, Ak. Akuntansi
44 Trie Sartika, SE, M.Acc. Akuntansi
45 Muhammad Hidayat, S.E., M.Si, Ak Akuntansi
46 Nilam Kesuma, S.E., M.Si. Akuntansi
47 Mukhtaruddin, S.E., M.Si, Ak. Akuntansi
48 Patmawati, S.E., M.Si. Ak. Akuntansi
49 Abdulrohman, S.E., M.Si. Akuntansi
50 Fardinant Adhitama, S.E., M.Si. Ak. Akuntansi
51 Rindang Senja Andarini, S.Ikom, M.Ikom. Fisipol Unsri
52 Drs. Gatot Budiarto, M.Si. Fisipol Unsri
53 Febri Marini Malinda, S.Sos., M.A. Fisipol Unsri
54 Rizky Ghoffar Ismail, S.Psi. M.Si/ Fisipol Unsri
55 Dra. Zuraida, M.Pd. Lembaga Bahasa unsri
56 Hervin ARN, S.Pd., M.Pd. Lembaga Bahasa unsri
57 Novia Rabbani, S.Pd., M.Pd. Lembaga Bahasa unsri
58 Ns. Amelia Octarina, S.Kep., M.Kes. Praktisi RSUD Siti Fatimah Sumsel
59 Dr. Dian Aryogo, S.Psi, M.Si, Psikologi (P) Praktisi Psikologi Solusia
60 Muhammad Daud, S.Psi, M.Si, Psikologi (P) Praktisi Psikologi Solusia
61 Yussi Rafaeni, S.E., M.Si. Praktisi Psikologi Solusia
62 Irfan Budi Kustanto, S.Psi., M.Psi., Psikologi (P) Praktisi Psikologi Solusia
63 Praktisi Dinas Kearsipan Provinsi Sumsel
64 Dedi Junaidi, S.E. (Praktisi) Praktisi Kewirausahaan
65 Siti Aisyah Rensi Zen, S.Pd., M.Kes. Pengelola Kursus Bahasa Asing 2N7
66 Saekan Noer, S.H., M.M. Praktisi Bank Sumsel Babel Syariah
67 Drs. Kusnayat Praktisi Bahasa Mandarin
68 Suharto, S.E. Praktisi Marketing
69 Dr. Joko Prasetyo, S.E., M.M. Praktisi PT Pegadaian
70 Eka Jati Rahayu Firmansyah, MEI Praktisi Bank Syariah
70 Drs. AL Purwonugroho Praktisi Dinas Perdagangan

Profil Kelulusan

(Secretary)Lulusan Prodi Kesekretariatan menjadi Ahli Madya yang mampu melaksanakan tugas-tugas sekretaris dan pekerjaan administrasi yang trampil dan kompeten untuk membantu pimpinan dengan sikap dan penampilan yang profesional.Wiraswasta (Entrepreneur)Lulusan Prodi Kesekretariatan menjadi Ahli Madya yang mampu merintis, mengelola dan mengembangkan usaha yang berkelanjutan, secara kreatif dan inovatif.

No   Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (CPL-Prodi)
1   SIKAP dan KEPRIBADIAN
  S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  S8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  S9 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
2   PENGETAHUAN
  PP1 Menguasi konsep teoritis secara umum mengenai kesekretarisan dan administrasi perusahaan serta mampu memformuasikan penyelesaian masalah prosedural.
  PP2 Menguasai teori dan praktek bidang pengetahuan kesekretariasan dan administrasi perusahaan dalam menerapkan teknologi informasi dalam menyelesaikan pekerjaan.
  PP3 Menguasai teori dan praktek kewirausahaan untuk memberikan wawasan kewirausahaan dan membangkitkan semangat wirausaha.
  PP4 Menguasai konsep teoritis korespondensi bisnis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  PP5 Menguasai teori dan praktek penyusunan   karya  ilmiah   sesuai dengan   format  yang  berlaku   dan  teknik penulisan sitasi untuk menghindari plagiasi.
  PP6 Menguasi teori dan praktek yang berkaitan dengan penggunaan teknologi informasi untuk analisis data dan informasi.
  PP7 Menguasai konsep ketuhanan, kemasyarakatan, kebangsaan, serta etika sosial dalam kehidupan bermasyarakt dan bernegara.
2   PENGETAHUAN
  PP8 Menguasi Konsep praktis nilai, etika, dan norma akademik.
  PP9 Memahami konsep teoritis pekerjaan berlingkup luas mengenai kesekretarisan dan administrasi perusahaan/bisnis.
  PP10 Menguasai konsep pengelolaan kegiatan pimpinan.
  PP11 Menguasai konsep pelayanan prima.
  PP12 Menguasai konsep teoritis komunikasi secara efektif.
  PP13 Menguasai teori dan praktek Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
  PP14 Menguasai konsep pengelolaan relasi perusahaan baik secara internal maupun eksternal.
3   KETERAMPILAN UMUM
  KU1 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode sederhana yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
  KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  KU3 Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  KU4 Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  KU5 Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;
  KU6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  KU7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  KU8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
3   KETERAMPILAN KHUSUS
  KK1 Mampu menunjukkan kinerja dalam bidang kesekretariatan dengan mutu dan kuantitas yang terukur.
  KK2 Mampu menyelesaikan pekerjaan kesekretariatan secara professional dengan mengedepankan etika dan moralitas serta kreativitas dan inovasi.
  KK3 Mampu menciptakan konsep yang dapat diaplikasikan dalam ruang lingkup kesekretariatan yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi.
  KK4 Mampu menciptakan keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang kesekretariatan.
  KK5 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas mengenai kesekretarisan dan administrasi perusahaan/bisnis.
3   KETERAMPILAN KHUSUS
  KK6 Mampu mengelola kegiatan pimpinan.
  KK7 Mampu mengelola informasi untuk pengambilan keputusan pimpinan.
  KK8 Mampu mengelola relasi pimpinan baik relasi secara nternal maupun eksternal.
  KK9 Mampu mengelola kegiatan administrasi perusahaan.
  KK10 Mampu melakukan korespondensi bisnis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  KK11 Mampu memberikan pelayanan prima.
  KK12 Mampu mengembangkan kewirausahaan, dengan memilih metode yang relevan, melakukan analisis data, dan secara kreatif dan inovatif.
  KK13 Mampu berkomunikasi secara efektif.
  KK14 Mampu berbahasa secara lisan dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin dalam bidang bisnis perusahaan.
  PP12 Menguasai konsep teoritis komunikasi secara efektif.
  PP13 Menguasai teori dan praktek Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
  PP14 Menguasai konsep pengelolaan relasi perusahaan baik secara internal maupun eksternal