Pimpinan S2 Ilmu Manajemen
Dr. Shelfi Malinda. S.E., M.M
Ketua Prodi S2 Imu Manajemen
Admin S2 Ilmu Manajemen
Okky Kurnia Ningsih, S.E
Admin S2 Ilmu Manajemen
PROFIL
MAGISTER (S2) Ilmu Manajemen
Izin Penyelenggaraan Dikti No.227/D/2010
Akreditasi B
SK BAN PT Terakreditas
Website: fe.unsri.ac.id/pps.unsri.ac.id
Email: s2ilmumanajemen@fe.unsri.ac.id
Sejarah Program Studi Ilmu Manajemen
Program Studi Magister Ilmu Manajemen Universitas Sriwijaya Palembang didirikan berdasarkan SK pendirian NO 227/D/O/2010 tanggal pendirian 22 Desember 2010 dan mulai penyelengaraan Program Studi bulan Desember 2010. Pada Tanggal 15 Agustus 2011 Rektor Universitas Sriwijaya secara resmi membuka sekaligus menetapkan pejabat struktural dilingkungan Fakultas Ekonomi melalui Keputusan Rektor No 158/UN9/KP/2011.
VISI
MISI
STAFF PENGAJAR
Alur Proses Studi S2 Ilmu Manajemen
MATA KULIAH PROGRAM S2 ILMU MANAJEMEN KURIKULUM 2022
KURIKULUM DAN SINOPSIS MATA KULIAH PROGRAM S2 PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Semester | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
EIM 5101 | Metodologi, Etika Penelitian dan Peblikasi Ilmiah | 3 | |
I | EIM 5102 | Statistik Parametrik dan Non Parametrik | 3 |
EIM 5103 | Analisis Bisnis dan Manajemen Informasi | 3 | |
EIM 5104 | Pengembangan Model Bisnis dan Kewirausahaan | 3 | |
Jumlah SKS Semester I | 12 | ||
EIM 5205 | Manajemen Keuangan Perusahaan | 3 | |
II | EIM 5206 | Manajemen Pemasaran Terintegrasi | 3 |
EIM 5207 | Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia | 3 | |
EIM 5208 | Manajemen Stratejik dan Keunggulan Bersaing | 3 | |
Jumlah SKS Semester II | 12 | ||
3 | |||
III | Mata Kuliah Konsentrasi | 3 | |
3 | |||
Jumlah SKS Semester III | 9 | ||
IV | EIM 6010 | Tesis | 6 |
Jumlah SKS Semeter IV | 6 | ||
Jumlah Total SKS | 36 |
Mata Kuliah Konsentrasi :
NO. | BKU | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
1 | Manajemen SDM | EIM 6109 | Kepemimpinan | 3 |
EIM 6110 | Perubahan dan Pengembangan Organisasi | 3 | ||
EIM 6111 | Perilaku Keorganisasian | 3 | ||
2 | Manajemen Pemasaran | EIM 6115 | Perilaku Konsumen | 3 |
EIM 6116 | Marketing Digital | 3 | ||
EIM 6117 | Pemasaran Jasa | 3 | ||
3 | Manajemen Keuangan | EIM 6112 | Manajemen Investasi dan Portofolio | 3 |
EIM 6113 | Mitigasi Risiko Bisnis | 3 | ||
EIM 6114 | Manajemen Keuangan Global | 3 |
Mata Kuliah Tambahan Bagi Mahasiswa PMDSU – Kurikulum 2022
Semester II Genap 2023 / 2024 | ||
EIM 5209 | Kepenulisan Ilmiah | 3 |
EIM 5210 | Isu Empiris Keuangan & Perbankan | 3 |
EIM 5211 | Instrumen Penelitian | 2 |
EIM 5212 | Diseminasi Ilmiah | 3 |
EIM 5213 | Publikasi Karya Ilmiah | 3 |
INFORMASI LENGKAP SILAHKAN UNDUH FILE KURIKULUM 2022
Sinopsis Mata Kuliah Program Studi Magister Ilmu Manajemen (S2
EIM 5101 Metodologi, Etika Penelitian dan Publikasi Ilmiah
Mata kuliah memberikan pemahaman mengenai teknik penelitian ilmiah lanjutan secara sistematis, langkah-langkah metode ilmiah, dan aplikasi metodologi penelitian ilmu manajemen dalam kegiatan penelitian. Materi kuliah mencakup: proses menemukan fenomena yang melatarbelakangi perumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian; fungsi teori dan hipotesis dalam penelitian; operasionalisasi variabel penelitian, penentuan indikator dan pengukurannya; rancangan pengambilan sampel dan pengumpulan data; analisis data; intepretasi hasil, penyimpulan dan rekomendasi serta penulisan laporan hasil penelitian. Mata kuliah ini juga dilengkapi dengan teknik publikasi artikel jumal sebagai syarat bagi mahasiswa magister dalam menyelesaikan studi.
EIM 5102 Statistik Parametrik dan Non-Parametrik
Mata kuliah ini membahas tentang statistikparametricdannonparametricstatistic. Deskriptif dan inferensial (univariatdan multivariat), structuralequationmodellingdan model dinamik timeseries. Statistik inferensial, dibahas proses sampling, distribusi sampling, dan inferenceparameter populasi serta pengujian hipotesis. Statistik nonparametric dengan berbagai alat uji antara lain smirnovtest, kruskal wallis test, sign test dan rank correlation spearman dan kendall. Pengujian persamaan terstruktur serta penggunaan model-model kompleks dan penggunaan variabel dummy. Analisis jalur, Confirmatory dan Dynamic Modelling Statistical. Kegiatan perkuliahan dilakukan di kelas dan Laboratorium Kuantitatif dan Kualitatif.
EIM 5103 Analisis Bisnis dan Manajemen Informasi
Mata kuliah ini membahas tentang tools dalam analisis bisnis dengan menggunakan big data sebagai manajemen informasi. Analisis bisnis juga membahas proses pengambilan keputusan yang didasarkan pada pengolahan angka-angka, penyajian model secara sistematis dalam bentuk penyederhanaan atau simplifikasi. Model-model general dan sederhana lebih mudah untuk dipahami dan mempunyai makna interpretatif yang dipahami secara bersama, sehingga akan lebih mudah untuk memecahkan masalah-masalah manajemen. Dalam pembelajaran ini mahasiswa diharapkan akan mampu menggunakan peralatan kuantitatif dalam proses pengambilan keputusan manajemen melalui pembelajaran berbagai studi kasus, simulasi dan latihan pemecahan masalah. Praktikum penggunaan SPSS dan QM for Windows dilakukan dalam laboratorium kuantitatif.
EIM 5104 Pengembangan Model Bisnis dan Kewirausahaan
Mata kuliah ini meliputi gambaran proses menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui saluran pelanggan, pasar, relasi bisnis. Pengembangan model bisnis dan kewirausahaan merupakan interaksi dari ketiga saluran tersebut dapat menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh dan memberikan suatu nilai jangka panjang yaitu uang, keuntungan, image, atau apa saja yang menjadi tujuan utama sebuah bisnis dapat berkembang. Orang yang bertanggung jawab atas pengembangan model bisnis bukan hanya mengusahakan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat, namun juga harus memikirkan strategi jangka panjang demi berkembangnya perusahaan. Seorang enterpreneurship harus memutar uang terus-menerus agar perusahaan selalu memperoleh laba.
EIM 5205 Manajemen Keuangan Perusahaan
Mata Kuliah ini membahas secara mendalam tentang mengelola keuangan perusahaan dan peran lembaga keuangan sebagai fungsi intermediasi bagi manajer keuangan dalam mengelola perusahaan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa diajarkan secara case dan diskusi cukup mendalam teori-teori keuangan terutama yang berhubungan dengan perusahaan (corporote finance). Selain itu, mahasiswa juga akan diperkenalkan dengan dasar-dasar investasi (investment) dan pasar modal (capital market) dan keterkaitan antara bidang-bidang tersebut. Peran dari lembaga keuangan sebagai fungsi intermediasi akan melengkapi mata kuliah ini.
STAF PENGAJAR / DOSEN
No | Nama Dosen |
1 | Prof. Dr. Badia Perizade, M.B.A. |
2 | Prof. Dr. Diah Natalisa, M.B.A |
3 | Prof. Dr. Sulastri, M.E., M.Com.,CIFM®.,CWM® |
4 | Prof. Dr. Taufiq, M.Si. |
5 | Prof. Dr. Mohamad Adam., SE., ME., CFP®., QWP.,CWM® |
6 | Prof. H. Isnurhadi, MBA., Ph.D., CWM®., CRP® |
7 | Prof. Dr. Yuliani, SE, MM., CFP®., QWP., AEPP., CWM® |
8 | Prof. Dr. Azwardi. S.E., M.S.i |
9 | Dr. Hj. Zunaidah., SE., M.Si., CHRM |
10 | Hj. Marlina Widiyanti, SE.,SH.,MM.,M.Hum., Ph.D., AMA |
11 | Isni Andriana., SE., M.Fin., Ph.D., CFP®., CIHCM., CITMSEO., CRA., CRP® |
12 | Dr. Kms. Muhammad Thamrin., SE.,MM., CRA., CRP® |
13 | Dr. Achmad Maulana., SE., Ak.,MM |
14 | Dr. Shelfi Malinda., SE., MM.,CIFM®.,CWM® |
15 | Dr. Muizzuddin., SE.,MM., CRP®.,CWM® |
16 | Dr. Muhammad Ichsan Hadjri., ST., MM., CHRM.,CWM® |
17 | H. Muchsin Saggaf Shihab., MBA., Ph.D |
CAPAIAN KELULUSAN
Untuk mencapai gelar Magister Ilmu Manajemen (M.Si) mahasiswa/i harus memenuhi kriteria sebagai berikut :
1. Menyelesaikan Beban Studi dengan jumlah SKS 43 SKS
2. Indeks prestasi kumulatif >=2,75
3. Tidak ada nilai D
4. Maksimum nilai C tidak melebihi 2 mata kuliah dari jumlah ditetapkan oleh Program Studi
5. Telah menyelesaikan mata kuliah prasyarat bidang konsentrasi
6. Telah menyelesaikan mata kuliah bidang konsetrasi
7. Telah menyelesaikan Tesis
SERTIFIKAT AKREDITASI